detikHot

music

Grammy Awards 2018 Hanya Serasa Pertunjukan Sting

Selasa, 30 Jan 2018 15:45 WIB Nugraha - detikHot
Foto: Nicholas Hunt/Getty Images Foto: Nicholas Hunt/Getty Images
Jakarta - Untuk acara yang mengumpulkan musisi seperti Kendrick Lamar, Kesha, Bruno Mars, Elton John, Pink, Jay-Z hingga Rihanna, kemunculan Sting merupakan hal yang aneh. Salah satu faktor Grammy Awards 2018 membosankan.

Vox menulis, Grammy memilih host bermutu seperti James Corden, yang terus mencoba melakukan yang terbaik untuk acara penghargaan itu. Faktanya, acara itu justru hanya memeras sosok Corden sebagai sentral.

Corden membawakan bit-bit dari Late Late Show, acara miliknya. Muncul juga sebuah sketsa yang menampilkan dirinya bersama Sting dan Shaggy, seperti dalam 'Carpool Karaoke' di dalam kereta bawah tanah New York City.
James CordenJames Corden Foto: Mike Windle/Getty Images for LACMA

Grammy menjadi menarik karena mewakili masa lalu dan musik masa kini yang bertabrakan di satu panggung raksasa. Bintang-bintang kemarin merayakan bintang hari ini, dan setiap orang memberikan tips kepada bintang-bintang di masa depan. Tapi Grammy 2018 dianggap tak tahu bagaimana cara melakukannya.

Miley Cyrus dan Elton John membawakan lagu 'Tiny Dancer', padahal Miley yang memang masih muda sudah ada di industri ini lebih dari satu dekade. Pertunjukan pembuka menjadi contoh sempurna bagaimana acara itu seharusnya berhasil. Dua personel U2, Bono dan The Edge bergabung dengan Kendrick Lamar di atas panggung.

Lamar tampil powerfull dengan aksi teatrikal tentara. Lalu Bono dan The Edge muncul, dan Lamar kembali tampil lagi. Begitu seterusnya, tak ada usaha untuk menggabungkan keduanya yang jelas sangat berbeda, mereka hanya terlihat saling bertabrakan.
Kendrick Lamar dan U2Kendrick Lamar dan U2 Foto: Nicholas Hunt/Getty Images

Di bawah atap Madison Square Garden, sebagian besar acara akhirnya terasa seperti kesempatan yang tidak diharapkan. Banyak yang bertanya, mengapa Lorde, nominator Album of the Year, tidak tampil, sementara Sting muncul berkali-kali?

Bahkan, saat tiba waktunya untuk pemilihan nominasi elit, mereka sering beralih ke materi yang lebih tua seperti Lady Gaga. Tak ada yang membantu pertunjukan itu agar lolos dari rasa malam penganugerahan musik tahun 2015.
Lady GagaLady Gaga Foto: Kevin Winter/Getty Images for NARAS

Pemirsa Grammy yang banyak menonton malam itu hanya melihat Corden, bukan sosok Lamar atau Jay-Z, atau pemenang besar malam itu, Bruno Mars. Grammy 2018 adalah pertunjukan Sting, yang berulang-ulang kali muncul.

Sting memang hebat, tapi apakah ia benar-benar berada dalam industri musik yang dipromosikan pada tahun 2018?


(nu2/dal)

Photo Gallery
FOKUS BERITA: Grammy Awards 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com