DetikHot

music

Album Perkenalan dari Trio Nonaria

Sabtu, 27 Jan 2018 13:20 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Album Perkenalan dari Trio Nonaria Album Perkenalan dari Trio Nonaria Foto: Saras/ detikHOT
Jakarta - Trio Nonaria yang beranggotakan Nesia Ardi (vokal, snare), Nanin Wardhani (piano/akordeon) dan Yasintha Pattiasina (biolin) baru saja merilis album self-titled sebagai debut mereka. Di album ini, mereka sengaja mengangkat tema-tema ringan dikeseharian yang tidak berkesan pretensius.

Tengok saja sejumlah lagu di album mereka, mulai dari 'Sayur Labu', 'Maling Jemuran', hingga 'Antri Yuk'. Keseluruhannya berhasil mengangkat tema-tema sederhana yang bisa saja terjadi di sekitar kita.

"Konsep album kami berusaha mengangkat tema sehari-hari, liriknya pun bahasa sehari-hari. Mungkin yang orang lain pikir itu hal kecil, tapi bagi kami bisa jadi inspirasi (lagu)," ujar Nanin di acara peluncuran album 'Musik, Masak, Cerita' di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2018).



Selain menyoroti tema-tema keseharian, seperti namanya, Nonaria juga memilih untuk memainkan lagu-lagu yang ceria.

"Namanya hidup kan ada sedih, ada senang, tapi kami sendiri inginnya memberi keceriaan untuk orang lain terus jadi bisa berkah. Nonaria kan artinya ceria, riang," jelas Nesia.

Secara musik, mereka banyak terpengaruh dari musisi-musisi tempo dulu yang mereka sebut sebagai 'top 40 on the 40s', misalnya Bing Slamet, Ismail Marzuki, dan Sam Saimun.

Meski demikian, ketiganya kompak menolak untuk digolongkan pada genre tertentu. Bagi mereka, musik yang mereka usung adalah hasil percampuran dari ragtime swing, swing, hingga pop vintage.

"Kami percampuran dari segala macem, dikemas semuanya," ungkap Nesia.



Meski baru merilis single pertama, sebenarnya Nonaria bukanlah nama baru di dunia musik Tanah Air. Trio tersebut dibentuk oleh Nesia, Nanin, dan seorang mantan personel bernama Rieke Astari di tahun 2013.

Alasan terbentuknya pun sederhana, dari awal ketiganya kerap dianggap mirip. Kebetulan, ketiganya juga memiliki referensi dan ketertarikan pada musik yang sama, hal itu yang membuat mereka akhirnya memutuskan untuk membuat band bersama.

Pasca Rieke mundur karena pindah domisili ke luar kota, Nonaria sempat vakum untuk sementara waktu sampai akhirnya Yasintha masuk ke dalam formasi.

"Saya tertarik bergabung karena taste musik saya begini, saya tuh suka musik yang nggak ribet, suka dengerin lagu-lagu jadul. Pas mainin lagu-lagu seperti itu jadi yaudah," ujar Yasintha.




(srs/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed