DetikHot

music

10 Artwork Album Terhot

Jumat, 12 Jan 2018 12:24 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
10 Artwork Album Terhot Album 'Senandung Senandika'. Foto: dok. Twitter
Jakarta - Tak bisa dipungkiri, sampul dan kemasan menjadi salah satu hal yang turut mendukung tampilan keseluruhan album. Bagaimana suatu album dikemas bisa menggambarkan musik seperti apa yang terdapat di dalamnya.

Dari sejumlah album yang beredari di tahun 2017 lalu, detikHOT merangkum 10 artwork album terhot versi kami.

1. 'Senandung Senandika' - Maliq & D'Essential

Didominasi oleh warna-warna pastel, rancangan artwork album milik Maliq & D'Essential, 'Senandung Senandika' dibuat oleh seniman yang juga seorang musisi, Abenk Alter.

2. '7 Bidadari' - Naif
Album '7 Bidadari'.Album '7 Bidadari'. Foto: dok. Naif

Album '7 Bidadari' dari Naif ini digarap oleh desainer yang sama dengan yang membuat desain dari merchandise resmi sejumlah band dan musisi kenamaan, The Beatles salah satunya.

Dalam sebuah wawancara dengan detikHOT, David 'Naif' mengatakan, perkenalannya dengan desainer asal Amerika Serikat bernama Glenn Wolk tersebut justru berangkat dari Instagram.

3. 'Sintas' - Adrian Yunan
10 Artwork Album TerhotFoto: dok. Adrian Yunan

"Less is more" adalah kata yang tepat untuk menggambarkan sampul dan kemasan album 'Sintas' milik Adrian Yunan yang didominasi warna putih dengan ilustrasi berbagai ekspresi wajah.

Artwork dari album tersebut dibuat oleh desainer yang juga seorang solois, Vira Talisa.

4. 'NKKBS Bagian Pertama' - Melancholic Bitch

Bukan hanya lagu-lagu di album Melancholic Bitch kali ini yang menjadi penting untuk disimak, karena berhasil menangkap keresahan dan semangat jaman, namun artwork dari album ini pun menjadi hal yang tak kalah menarik.

Sampul dan kemasan dari album ini digarap oleh Syaura Qotrunada yang juga merupakan salah satu penulis buku 'Lokananta'.

5. 'Lintasan Waktu' - Danilla

Sampul dan kemasan album kedua dari Danilla yang berjudul 'Lintasan Waktu' ini didominasi oleh warna coklat, oranye, dengan perpaduan gradasi warna-warna lainnya. Artwork tersebut merupakan garapan Eunice Nuh Tantera.

6. 'Transition' - Rafi Muhammad
Album 'Transition'. Album 'Transition'. Foto: dok. Rafi Muhammad

Drummer Rafi Muhammad yang kerap dikenal sebagai anak ajaib kini telah beranjak dewasa dan menginjak usia 21 tahun. Ia pun merilis album bertajuk 'Transition'.

Artwork dari album tersebut menjadi salah satu hal yang menarik. Dibuat dengan berbagai gambar dan nuansa, gambar sampul albumnya pun di isi oleh berbagai warna.

Seniman asal Jakarta, Ardneks, menjadi orang yang berada di balik sampul album tersebut.

7. 'Akibat Pergaulan Blues' - Jason Ranti
'Akibat Pergaulan Blues'. 'Akibat Pergaulan Blues'. Foto: dok. Jason Ranti

Sampul dari album 'Akibat Pergaulan Blues' dari Jason Ranti memang tampak begitu unik, foto seorang anak kecil yang berdiri bersebelahan dengan hewan yang tampak terbalik. Judul dari album tersebut dicetak dengan huruf berwarna merah muda.

Jason Ranti menggarap sendiri artwork dan desain sampul dari album perdananya itu.

8. 'Ruang Tunggu' - Payung Teduh

Di 2017, Payung Teduh merilis album penuh ketiganya. Artwork dari album 'Ruang Tunggu' tersebut digarap oleh drummer dari band tersebut, Alejandro Saksakame.

9. 'Salam Indonesia' - Endank Soekamti

Gambar terumbu karang yang ada di sampul album milik Endank Soekamti, 'Salam Indonesia', bisa jadi menggambarkan bagaimana proses pembuatan album tersebut dibuat.

'Salam Indonesia' memang menjalani proses penggarapan di perairan Papua selama satu bulan.

10. 'Multiverses' - .Feast

Di pertengahan tahun, band pendatang baru, .Feast, merilis album berjudul 'Multiverses' yang diisi oleh banyak kolaborator, mulai dari Ramengvrl hingga Oscar Lolang.

Sampul dari album tersebut memperlihatkan gambar papan karangan bunga ucapakan selamat yang terbakar.
(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed