DetikHot

music

Pihak Radiohead Akhirnya Buka Suara Soal Perkara dengan Lana Del Rey

Rabu, 10 Jan 2018 12:57 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Pihak Radiohead Akhirnya Buka Suara Soal Perkara dengan Lana Del Rey Foto: Trixie Textor/Getty Images for Coachella
Jakarta - Pihak Radiohead akhirnya angkat bicara mengenai perkara mengenai hak cipta lagu yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. Apa katanya?

Radiohead melului publisher musiknya mengeluarkan pernyataan mereka belum menggugat Lana Del Rey ke ranah hukum. Namun mereka membenarkan adanya negosiasi mengenai hak cipta, hanya saja perundingan tersebut masih berjalan hingga kini dan mereka belum melaporkan apapun ke yang berwenang.

Dalam keterangan tersebut, mereka juga membantah adanya pernyataan dari Radiohead mengenai permintaan untuk dibayarkannya royalti sebanyak 100 persen. Dikutip dari Stereogum, berikut pernyataan tersebut.

"Selaku publisher musik dari Radiohead, hal tersebut benar adanya bahwa kami tengah mencoba berdiskusi dengan perwakilan dari Lana Del Rey sejak Agustus (2017). Sangat jelas bahwa beberapa bait dari 'Get Free' menggunakan elemen yang ada di dalam 'Creep' dan kami meminta pemberitahuan pada semua penulis 'Creep'. Untuk meluruskan, belum ada laporan hukum dan tuntutan yang pihak kami buat dan Radiohead tidak pernah mengatakan hanya akan setuju bila mendapat royalti 100 persen dari 'Get Free'."

Di akhir pekan lalu, Lana Del Rey mengatakan telah digugat oleh pihak Radiohead terkait lagu 'Get Free' yang dianggap menjiplak nada dari 'Creep'. Lewat cuitan di Twitter-nya, ia bahkan mengatakan pihak Radiohead meminta 100 persen royalti dari lagu tersebut.

Pada sebuah panggung di Denver, Colorado, pelantun lagu 'Born to Die' ini mengatakan lagu tersebut kemungkinan akan dihapus dari album 'Lush for Life' apabila perkara tersebut berlanjut.



(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed