detikHot

music

Tak Hanya Lana Del Rey, Mereka Juga Pernah Dituduh Menjiplak Lagu

Selasa, 09 Jan 2018 17:03 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Lana Del Rey. Foto: Getty Images Lana Del Rey. Foto: Getty Images
Jakarta - Lagu 'Get Free' dari Lana Del Rey tengah menuai kontroversi. Pasalnya, lagu tersebut dianggap menjiplak lagu 'Creep' milik Radiohead.

Tuduhan tersebut dilayangkan oleh Radiohead yang menuntut kredit dan royalti dari lagu tersebut.

Tampaknya Lana Del Rey tidak sendirian, sebelum dirinya, ada sejumlah musisi lainnya pernah mendapat tuduhan serupa. Siapa saja mereka?

Bruno Mars
Bruno Mars dan Mark RonsonBruno Mars dan Mark Ronson. Foto: RCA Records

Salah satu musisi yang pernah dituduh menjiplak karya orang lain dalam lagunya adalah Bruno Mars. Tak tanggung-tanggung, Bruno Mars tidak hanya mendapat tudingan dari satu orang.

Tuduhan tersebut dialamatkan untuk lagu 'Uptown Funk' yang ia bawakan bersama Mark Ronson. Setelah dituduh menjiplak lagu 'Young Girls' dari band funk 'Collage', lagu tersebut kemudian juga dituduh menjiplak 'More Bounceto the Ounce' dari Roger & Zapp.

Adele
AdeleAdele. Foto: Getty Images

Meski telah memborong sejumlah piala Grammy dan menorehkan banyak prestasi, tak membuat penyanyi asal Inggris, Adele lepas dari tuduhan penjiplakan lagu.

Lagu 'Million Years Ago' pernah dianggap mirip dengan lagu musikus asal Turki, Ahmed Kaya, yang berjudul 'Acilara Tutunmak' ('Clinging to Pain') yang rilis pada1985 silam.

G-Dragon
G-DragonG-Dragon. Foto: Lintang Jati/detikcom

Bintang Korea Selatan, G-Dragon pun pernah mendapat tuduhan serupa. Ia dianggap menjiplak lagu berjudul'iSpy' karya rapper asal Amerika Serikat, KYLE dalam lagunya yang berjudul 'Intro: Middle Fingers Up'.
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com