detikHot

music

Nasihat Yon Koeswoyo untuk D'MASIV

Jumat, 05 Jan 2018 14:22 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Yon Koeswoyo Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Musikus legendaris Yon Koeswoyo tutup usia pagi hari tadi di kediamannya di Pamulang, Tangerang Selatan. Ia meninggal di usia 77 tahun karena sakit yang dideritanya.

Menurut para personel D'MASIV, sosok Yon Koeswoyo adalah panutan dalam bermusik. Vokalis D'MASIV, Rian Ekky Pradipta pun teringat, suatu hari Yon Koeswoyo pernah memberi nasehat untuk bandnya.

"Dia pernah bilang kalau mau kaya Koes Plus, harus berkarya terus," ujar Rian ditemui di rumah duka, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (5/1/2018).


Rian mengaku cukup dekat dengan Yon Koeswoyo. Pasalnya, ia memang mengkoleksi piringan hitam, termasuk album-album milik Koes Plus di dalamnya.

Ia mengungkapkan, semasa Yon Koeswoyo masih hidup, mereka kerap kali mereka bertemu. Ia biasanya membawa sejumlah piringan hitam untuk ditandatangani oleh mendiang.

"Yang harus diteladani itu adalah semangat berkarya. Lagu-lagunya semasa hidup itu banyak sekali, ada popnya, ada yang rocknya, lengkap," katanya.


Lebih jauh lagi, Rian ingat bagaimana musik menjadi obat Yon Koeswoyo semasa ia sakit. Ia bercerita, meski pun sakit pernah ada suatu saat dimana Yon Koeswoyo masih bernyanyi sambil memainkan alat musik dan bercerita mengenai inspirasi di balik lagu-lagu gubahannya.

"Dia memang takut sama dokter, dia nggak mau kepikiran penyakitnya apa. Dia bilang, 'Saya daripada stress, saya nyanyi aja'. Jadi musik yang menyembuhkan beliau," tutur Rian.
(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com