DetikHot

music

Pertanda Baik Industri Musik Tanah Air

Kamis, 04 Jan 2018 19:35 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Pertanda Baik Industri Musik Tanah Air Foto: Getty Images
Jakarta - Akan ada banyak hal-hal menarik yang terjadi di industri musik Tanah Air di 2018. Beberapa di antaranya adalah kabar baik.

Musisi dari Endah N Rhesa sekaligus produser musik, Rhesa Aditya, mengungkapkan, dari tahun ke tahun industri musik terus bergerak secara dinamis. Ia melihat, sejumlah musisi mulai berani dan tak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan karya yang segar dan unik.

Dampaknya, Rhesa mengungkapkan pendengar jadi memiliki lebih banyak pilihan sesuai dnegan selera masing-masing.

Tapi yang menggembirakan bukan hanya itu. "Sistem royalti pembuat karya juga sudah hidup di beberapa lini. Musisi sudah bisa secara langsung meneruma hasil keringatnya," ungkapnya saat dihubungi oleh detikHOT, Kamis (4/1/2018).

"Ini pertanda baik untuk industrinya. Hal ini sudah terbukti pada saya. Sehingga saya yakin bahwa ke depannya, predikat 'musisi' dapat diperhitungkan sebagai salah satu karier yang menjanjikan," tambah Rhesa Aditya.

Proses untuk memproduksi musik pun kini lebih singkat. Bila dulu musisi harus repot-repot mengirimkan demo pada label, kemudian memproduksi album di bawah label, dan sejumlah proses lainnya, kini segala rangkaian tersebut dapat dipangkas.

Rhesa Aditya melihat, kini musisi dan manajemen bisa mempromosikan sendiri karyanya lewat media sosial.

"Mengutip perkataan mantan manajer Incubus, Steve Rennie, 'management is the new label'. Semakin terbukti tiga hingga empat tahun belakangan ini. Salah satunya adalah dengan bagaimana maraknya manajemen band yang mempromosikan musik melalui sosial media tanpa perantara yang panjang," urainya.

Industri musik tahun ini tampaknya masih akan bergairah dan menjadi stimulus bagi para sejumlah pelaku musik untuk terus berkarya.

"Proses tersebut terus bergulir di tahun ini dan beberapa tahun kedepan. Hal ini membuat Saya sebagai musisi dan musik produser, selalu termotivasi untuk menciptakan karya yang baik. Paling tidak untuk diri sendiri dan orang disekitar saya," katanya.



(srs/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed