DetikHot

music

Seperti Apa Tren Mendengarkan Musik di Tahun Ini?

Kamis, 04 Jan 2018 18:58 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Seperti Apa Tren Mendengarkan Musik di Tahun Ini? Foto: Getty Images
Jakarta - Bukan hanya tren musik yang berganti, cara para penikmat dalam mendengarkan musik pun berubah. Jika dulu rilisan fisik menjadi satu-satunya media untuk mendengarkan musik, beberapa tahun belakangan cara itu bergeser.

Sejak tahun lalu, sejumlah layanan streaming musik telah berhasil mewadahi kebutuhan para pecinta musik untuk mendengarkan lagu secara legal namun murah.

Menurut musisi dari Endah N Rhesa sekaligus produser musik, Rhesa Aditya, cara tersebut masih akan menjadi pilihan para pendengar musik di tahun ini. Bahkan hal tersebut, menurutnya, telah menjadi bagian dari gaya hidup.

"Lagi-lagi, dampak teknologi informasi yang terus berkembang, kita semakin dimanjakan oleh akses langsung dan cepat untuk mengkonsumsi musik yang baru rilis. Fasilitas streaming, pembelian musik online dan situs yang menayangkan video musik merupakan gaya hidup baru bagi penikmat musik," jelasnya saat dihubungi oleh detikHOT, Kamis (4/1/2017).

Hal serupa juga dikatakan oleh musisi hip hop, JFlow, menurutnya, cara baru tersebut bahkan menjadi pilihan yang paling favorit.

"Untuk penikmat, makin banyak orang akan memilih streaming ketimbang download," ungkapnya.

Tentunya pilihan tersebut dilandasi oleh sejumlah alasan. Bagi Rhesa, akses yang terjangkau dan cenderung cepat lah yang membuat penikmat musik akhirnya memilih untuk mendengarkan lagu-lagu kesukaannya dengan cara streaming.

Hematnya waktu yang ditawarkan oleh aplikasi streaming lagu tersebut tidak hanya dapat dinikmati oleh pendengar, namun juga pelaku, dalam hal ini contohnya musikus dan produser musik.

"Pendengar tak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati musik yang mereka suka. Sedangkan musisi dapat langsung mengunggah lagu dan video musik mereka secara langsung," kata Rhesa.

Rhesa menambahkan, adanya perkembangan teknologi juga memungkinkan para musisi untuk memasarkan karya dengan lebih luas, termasuk ke kancah mancanegara.

"Pada akhirnya musik yang muncul ke permukaan dan menjadi populer di tangga lagu yang berdasarkan data adalah benar-benar musik yang bagus menurut penikmat musik dunia," katanya.



(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed