DetikHot

music

Piala Dunia Bawa Pengaruh Pada Arah Musik 2018?

Kamis, 04 Jan 2018 17:40 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Piala Dunia Bawa Pengaruh Pada Arah Musik 2018? Foto: Ilustrasi musik elektronik. (Instagram digit.fourfivesix
Jakarta - Pada tahun ini, gelaran olahraga bergengsi empat tahunan sekali, Piala Dunia akan digelar. Akankah berpengaruh pada dunia musik?

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Piala Dunia selalu sukses menelurkan lagu tema yang kemudian menjadi hits, sebut saja lagu 'We Are One (Ole Ole)' dari Pitbull yang menjadi lagu tema Piala Dunia Brazil 2014 atau lagu 'Waka Waka (This Time for Afrika) dari Shakira yang menjadi lagu tema Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

Tahun ini, piala dunia akan diadakan di Rusia. Akankah perhelatan tersebut akan membawa pengaruh terhadap pergerakan musik di tahun ini?

Menurut JFlow, pengaruhnya tidak lah besar di Indonesia. Kecuali jika ada brand sponsor yang membuat versi lokal dari lagu tema tersebut.

"Kalau lihat dari tren yang lalu sih nggak. Paling kalau salah satu brand sponsor World Cup mau bikin versi lokal dari theme song-nya, itu juga kemungkinan akan menunjuk major label yang sama dengan versi official-nya," kata JFlow.

Menurutnya, perhelatan olahraga Asian Games barangkali akan memiliki berpengaruh lebih besar, khususnya di Indonesia.

"Yang mungkin akan lebih hype ke industri lokal itu Asian Games. Akan ada album kompilasi, 13 lagu. Melibatkan 20-an musisi Indonesia," ungkapnya.



(srs/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed