DetikHot

music

10 Lagu Indonesia Paling Populer di 2017

Jumat, 29 Des 2017 12:48 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
10 Lagu Indonesia Paling Populer di 2017 Raisa dan Isyana Sarasvati tahun ini menelurkan single 'Anganku, Anganmu'. Foto: Hanif Hawari
Jakarta - Sepanjang tahun 2017, ada sejumlah lagu-lagu yang mengisi industri musik Tanah Air. Beberapa di antaranya menjadi lagu yang berumur panjang dan menjadi perbincangan.

Dimulai dari 'Akad'. Lagu milik grup musik Payung Teduh tersebut merupakan single pertama dari album 'Ruang Tunggu'. Uniknya lagu ini justru dirilis jauh lebih dulu sebelum albumnya.

Lagu ini mencapai sukses besar dan mengantarkan Payung Teduh pada pasar yang lebih luas. Tak hanya kesuksesan, berbagai kritikan pun datang menghampiri lagu 'Akad'.

Kontroversi tidak berhenti di situ, video klip yang dinilai elanggar hak cipta hingga polemik cover lagu sempat mewarnai hadirnya lagu 'Akad'. Puncaknya dua personel Payung Teduh, Is dan Comi menyatakan keluar dari band di akhir tahun.

10 Lagu Indonesia Paling Populer di 2017Payung Teduh menjadi buah bibir dengan lagu 'Akad'. Foto: Hanif Hawari/detikHOT


Yang kedua ada Via Vallen dengan 'Sayang'. Lagu ini cukup sukses bukan hanya di ranah dangdut, namun juga ranah musik secara umum.

Lewat lagu ini, Via Vallen bahkan sempat menjadi artis yang lagunya paling banyak diputar disebuah aplikasi streaming lagu bernama Yonder. Nyatanya, lagu 'Sayang' bukanlah lagu asli milik Via Vallen.

Lagu 'Sayang' pertama kali dipopulerkan oleh grup musik bernama NDX AKA.

'Surat Cinta Untuk Starla' dari Virgoun juga menjadi lagu yang cukup banyak diperbincangkan tahun ini. Lagu tersebut sekaligus menjadi yang paling banyak dicari sepanjang tahun di Google Search Indonesia.

Tidak hanya menjadi hits, 'Surat Cinta Untuk Starla' pun kemudian diadaptasi ke dalam web series dan film.

Setelah tahun sebelumnya merilis single 'Intuisi', tahun ini Yura Yunita kembali menelurkan karyanya yang berjudul 'Buktikan'. Single ini nantinya akan ada di dalam album kedua dari Yura Yunita.

10 Lagu Indonesia Paling Populer di 2017Tahun ini Yura Yunita merilis single 'Buktikan'. Foto: Agra Suseno/ dok. Yura Yunita


Apa jadinya kalau dua penyanyi perempuan paling populer di masa kini berduet dalam satu lagu? Duet Raisa dan Isyana Sarasvati terwujud dalam lagu 'Anganku, Anganmu'.

Tidak hanya laris dan menduduki sejumlah tangga lagu Indonesia, lagu 'Anganku, Anganmu' juga menang di ajang AMI Awards 2017 dalam kategori Duo/Group Vokal/ Kolaborasi Soul/ R&B/Urban Terbaik dan Karya Produksi Kolaborasi Terbaik.

Tahun ini tampaknya menjadi tahunnya Isyana Sarasvati. Selain berduet dengan Raisa, Isyana juga menelurkan album kedua dengan judul 'Paradox'. Album 'Paradox' menelurkan single 'Terpesona' yang juga laris di pasaran.

DJ dan produser Dipha Barus juga tampaknya tengah bersinar kian terang di tahun ini. Lagu 'All Good' yang ia bawakan bersama Nadin berhasil menjadi hits di banyak tempat.

Tak cuma sukses, lagu ini juga dinobatkan menang di AMI Awards 2017 untuk kategori Karya Produksi Dance/Electronic.

Ada cerita menarik yang mewarnai pembuatan lagu ini, yakni Dipha Barus mengaku 'menemukan' Nadin justru lewat media sosial Instagram.

10 Lagu Indonesia Paling Populer di 2017Nadin bersama Dipha Barus. Foto: Hanif Hawari/detikHOT


Pada perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, Efek Rumah Kaca merilis sebuah single berjudul 'Merdeka'. Di lagu ini, Efek Rumah Kaca kembali mengangkat tema isu sosial.

Lewat liriknya, band yang digawangi Cholil Mahmud cs ini mempertanyakan arti kemerdekaan.

Trio GAC juga merilis single tahun ini. Lagu berjudul 'Berlari Tanpa Kaki' tersebut adalah soundtrack dari film 'Cek Toko Sebelah'.

Lagu 'Aku Wanita' yang sebelumnya dipopularkan oleh Reza Artamevia tahun ini didaur ulang dan dibawakan kembali oleh Bunga Citra Lestari. Penyanyi yang kerap disebut sebagai BCL itu berkolaborasi dengan Dipha Barus.


(srs/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed