DetikHot

music

Apa Sih Bedanya Record of the Year dengan Song of the Year?

Rabu, 27 Des 2017 14:09 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Apa Sih Bedanya Record of the Year dengan Song of the Year? Foto: Grammy Awards 2018
Jakarta - Di antara empat nominasi utama Grammy Awards, ada dua kategori yang dianggap memiliki kemiripan. Lalu, apa bedanya Record of the Year dengan Song of the Year?

Pada dua nominasi tersebut memang terlihat beberapa kesamaan. Yang paling jelas, keduanya mempertandingkan lagu dari musisi ternama dunia.


Lalu, apa bedanya?

Recording Academy sebagai penyelenggara Grammy Awards mencoba untuk menjelaskannya. Kedua kategori itu memang jelas berbeda, perbedaan jelas terlihat dari penilaiannya.

Penilaian untuk kategori Record of the Year diberatkan kepada artis, produser, dan engineer saat lagu tersebut direkam.


Misalnya salah satu pemenang Record of the Year pada Grammy Awards ke-57, 'Stay With Me' dari Sam Simth. Selain sang penyanyi, ketiga produser di balik penggarapan lagu itu serta empat engineer juga berhak atas piala tersebut.

Sedangkan Song of the Year penilaiannya difokuskan untuk penulis lagu asli dari sebuah single. Selain si penyanyi, penulis lagu juga berhak atas penghargaan tersebut.

Jadi, sudah paham beda Record of the Year dan Song of the Year? Menurut kalian, siapa pemenang untuk dua nominasi tersebut di Grammy Awards 2018?

Daftar lengkap nominasinya ada di sini.
(dar/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed