Berkenalan dengan Sosok Pembuat Piala Grammy

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 08 Des 2017 16:35 WIB
Foto: Grammy Awards 2018
Jakarta - Grammy Awards adalah ajang penghargaan tahunan yang pada 2018 mendatang akan diadakan untuk ke-60 kalinya. Selama ini, piala berbentuk gramafon tersebut menjadi hadiah bergengsi yang diperebutkan sejumlah musikus dan penyanyi mancanegara.

Tapi tahukah kamu siapa sosok di balik terbentuknya piala Grammy tersebut? Ia adalah John Billing, pemilik Billing Artworks.

Hampir separuh dari usianya, dihabiskan oleh pria berumur 70 tahun ini bekerjasama dengan The Recording Academy, yayasan penyelenggara Grammy Awards.

"Saya sudah sangat lama bekerja untuknya. Setiap tahunnya, acara tersebut menjadi semakin dan makin spesial untuk saya," ungkapnya dikutip dari NY Times, Jumat (8/12/2017).

Menurutnya, untuk perhelatan Grammy Awards 2018 nanti, sudah ada 350 piala yang dibuat dan semua bentuknya sama.

Piala tersebut dibuat dengan sebuah bahan bernama grammium.

John Billing mengungkapkan perkenalannya dengan Grammy Awards dimulai di usia 12 tahun ketika teman ayahnya, Bob Graves, membuat piala tersebut di garasinya.

Pada tahun 19476, John Billing menjadi pegawai dari Bob Graves. Pasca meninggalnya Bob Graves di tahun 1983, John Billing kemudian mewarisi pekerjaan mentornya tersebut dalam pembuatan piala Grammy.

"Ini adalah hal besar untuk kami, John adalah bagian dari keluarga kami," ujar Vice President dari The Recording Academy, Bill Freitmuth.


(srs/tia)