The Super SAS Jadi Drummer Tetap Endank Soekamti

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 10 Nov 2017 17:32 WIB
Endank Soekamti Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Pergantian personel turut mewarnai perjalanan karier Endank Soekamti selama ini. Yang terbaru adalah keluarnya Ari Dwi Hamzah sebagai drummer dari band tersebut.

Posisi drummer selama ini diisi oleh The Super SAS yang selalu tampil dengan kostum ala superhero.

Tony Saputro yang juga merupakan drummer pertama dari Endank Soekamti rupanya adalah sosok di balik The Super SAS. Bertepatan dengan diluncurkannya album ke-8 Endank Soekamti, 'Salam Indonesia', Tony pun resmi kembali menjadi personel tetap dari band asal Yogyakarta tersebut.

"Dia (Tony) main sama kami juga sudah lama. Dia juga salah satu yang membuat Endank Soekamti," ujar Erix saat ditemui di Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2017).


Menurut Erix dan Dory, Tony memang sudah menjadi bagian dari keluarga besar Endank Soekamti. Yang selama ini menjadi additional playar mereka adalah The Super SAS yang merupakan alter ego dari Tony.

"Kalau dia jadi personel tetap, keluarga besar dari Endank Soekamti. Yang additional itu kan dulu The Super SAS," jelas Erix.

Endank Soekamti terbentuk pada 1 Januari 2001 dengan personel Erix, Fendy, Tony, dan Ulog. Setelah Fendy dan Tony keluar, posisi mereka digantikan oleh Ari dan Dory, sedangkan Ulog menjadi road manager dari band tersebut.

Dengan bergabung kembalinya Tony, kini formasi Endank Soekamti diperkuat oleh Erix (vokal, bass), Dory (gitar), dan Tony (drum). (srs/dar)