detikHot

music

Benny 'Panbers' Meninggal, Kelompok Penerbang Roket Berduka

Selasa, 24 Okt 2017 18:20 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kelompok Penerbang Roket unggah foto kebersamaan dengan Benny Panbers Panjaitan. Foto: dok. Instagram Kelompok Penerbang Roket Kelompok Penerbang Roket unggah foto kebersamaan dengan Benny 'Panbers' Panjaitan. Foto: dok. Instagram Kelompok Penerbang Roket
Jakarta - Kepergian Benny Panjaitan tampaknya tidak hanya meninggalkan rasa kehilangan yang mendalam bagi pihak keluarga, namun juga pada sesama musisi. Salah satunya adalah para personel Kelompok Penerbang Roket.

Kelompok Penerbang Roket memang dikenal sebagai pengagum Panbers. Mereka bahkan pernah membuat album 'Haai' di tahun 2015 silam sebagai penghormatan untuk Panbers.

"Pasti shock baget rasanya, pagi-pagi dikasih tahu, ya nggak nyangka aja," ujar vokalis Kelompok Penerbang Roket, John Paul Patton atau Coki, saat dihubungi detikHOT melalui pesan suara, Selasa (24/10/2017).

Coki menungkapkan, sebenarnya ia berharap masih dapat melihat Benny Panjaitan untuk tampil dan bermusik kembali seperti saat dulu masih sehat.



"Gue berpikir, mungkin Om Benny bisa ada konser lagi ke depannya gitu dan katanya kesehatannya makin baik kemarin setelah pulih. Sedih banget sih, salah satu legend Indonesia meninggal," ungkap Coki lagi.

Mewakili Kelompok Penerbang Roket, Coki menyebutkan banyak karya-karya dari Panbers yang menjadi inspirasi bermusik mereka kini. Apalagi pada masanya Panbers dikenal sebagai grup musik dengan aksi panggung yang liar.

Saksikan video 20detik tentang doa untuk Benny Panjaitan di sini:

[Gambas:Video 20detik]

"Kami suja lagu-lagu lama mereka, dari tahun1960-an akhir sampai 1970-an lagu-lagu mereka terbilang usil sih. Maksudnya lagunya sangat-sangat ekspresi dan playful banget," urainya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan kekaguman terhadap karakter suara Benny Panjaitan yang ia sebut memiliki ciri khas.

Benny 'Panbers' Meninggal, Kelompok Penerbang Roket BerdukaPanbers. Foto: dok. Twitter Panbers


"Yang kami kagumi dari beliau jelas karya-karyanya, sosoknya, karakternya, karismanya. Kalau kita dengar lagu-lagu Panbers yang lama sampai pada tahun 1990-an, ya keliatan mereka konsisten berkarya terus dan tetap eksis," katanya.

"Lagu-lagu awal mereka sangat-sangat khas dan mendunia. Karekter vokal Om Benny yang sangat-sangat khas melengking tinggi," lanjut Coki.

Sebelumnya, Kelompok Penerbang Roket juga mengunggah foto kebersamaan mereka dengan Panbers yang diambil di tahun 2016. Pada kolom keterangan mereka menuliskan, "Terima kasih om Benny atas inspirasi dan karya-karyanya. Sampai berjumpa lagi."

Benny Panjaitan tutup usia tadi pagi di kediaman yang bertempat di Ciledug, Tangerang. Ia meninggal dalam tidur di usia 70 tahun setelah berjuang melawan sakit stroke yang dideritanya.



(srs/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com