DetikHot

music

Keroncong Tugu Cafrinho Goyang Synchronize Fest 2017

Jumat, 06 Okt 2017 20:39 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Keroncong Tugu Cafrinho Goyang Synchronize Fest 2017 Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - Keroncong disebut-sebut lahir di perkampungan pesisir di Jakarta, tepatnya di Kampung Tugu, Jakarta Utara. Salah satu grup musik yang masih aktif melagukan keroncong dari panggung ke panggung adalah Keroncong Tugu Cafrinho.

Di bawah pimpinan Guido Quiko, musik yang merupakan serapan dari Portugis tersebut malam ini didendangkan di panggung Dynamic Stage pada gelaran Synchronize Fest 2017 hari pertama, Jumat (6/10/2017).


Keroncong Tugu Cafrinho menjadi hiburan yang mengejukan di tengah-tengah gempuran musik keras dari The Sigit di panggung sebelah. Arasemen musik yang digunakan oleh grup musik ini adalah ukulele, gitar akustik, contra bass, bass, dan biola. Ada tiga penyanyi yang melantunkan lagu-lagu di atas panggung.

Mereka membawakan sejumlah lagu keroncong yang terdengar begitu klasik. Sebagian dari lagu-lagu tersebut cukup familiar di telinga bahkan untuk orang yang tidak paham keroncong.

Keroncong Tugu Cafrinho Goyang Synchronize Fest 2017 Foto: Asep Syaifullah

Lagu yang dibawakan mulai dari 'Sayur Asem', 'Dayung Sampan', dan 'Malam Minggu'.

"'Habis ini kita kemana, Bang?' tanya salah satu penyanyi. 'Ke Pasar Baru aja deh'," jawab sang pemain gitar. Percakapan tersebut kemudian mengawali lagu 'Gang Kelinci'.

Keroncong Tugu Cafrinho Goyang Synchronize Fest 2017 Foto: Asep Syaifullah

Meski berasal dari Tanah Betawi, namun Keroncong Tugu Cafrinho tetap ciamik ketika membawakan lagu 'Alusio' yang merupakan lagu daerah suku Batak versi keroncong.


Meski keroncong kini kerap dilupakan di tengah hiruk pikuk musik-musik modern, namun di tahan penggiat keroncong Kampung Tugu ini, kita tahu keroncong akan tetap lestari.

Ini dia penampilan-penampilan seru di Synchronize Fest hari pertama:

[Gambas:Video 20detik]

Tonton juga: Yuk! Senang-senang di Synchronize Festival 2017
(srs/mah)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed