DetikHot

music

Efek Rumah Kaca Serius Garap Lagu Memakai Orkestra

Selasa, 19 Sep 2017 11:36 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Efek Rumah Kaca Serius Garap Lagu Memakai Orkestra Cholil 'Efek Rumah Kaca' Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Rasa berbeda dari Efek Rumah Kaca setelah beberapa kali terlibat kolaborasi dengan Cognito Orkest. Mereka bahkan terpikir untuk memasukan unsur orkestra ke dalam lagu-lagunya.

Hal tersebut rencananya akan ada di album baru Efek Rumah Kaca. Sang drumer, Akbar Bagus, usai manggung di Soundrenaline 2017 menyebutkan bakal menggandeng Cognito Orkest.

"Ya mungkin (diiringi Cognito Orkest dalam album). Tapi dalam waktu dekat belum, tapi pengen. Dalam arti, kami (Efek Rumah Kaca dan Cognito Orkest) harus lebih sering ngobrol dan bahas musiknya. Kalau mau bikin album kami harus ngobrol bareng," ujarnya.


Jika kolaborasi itu benar terjadi, suguhan tersebut tentu akan terasa sangat berbeda. Cholil pun setuju dengan hal itu, bahkan ia menyebut Efek Rumah Kaca seperti memiliki lembaran baru.

"Karena jarang sekali ERK ada string yang banyak. Kami mendapatkan suasana artistik yang jarang kami dapatkan sebelumnya ketika berkolaborasi dengan orkestra," ungkapnya.

"Seperti membuka sebuah lembaran baru, bagaimana memperlakukan lagu dengan iringan orkestra, membuat nuansa baru yang belum pernah kami lakukan," tambahnya menjelaskan.

Memulai kiprahnya sejak awal 2000-an, Efek Rumah Kaca termasuk band indie yang sukses. Jutaan pendengarnya, hingga saat ini, sukses disuguhi tiga album, yaitu 'Efek Rumah Kaca', 'Kamar Gelap, dan 'Sinestesia'.
(dar/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed