Dunia Musik Ditinggal iPod Shuffle dan iPod Nano

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 28 Jul 2017 16:11 WIB
iPod Nano Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta - Apple, perusahaan penemu iPod, mengumumkan pihaknya tak akan lagi melanjutkan produksi 2 tipe iPod yang begitu popular di jamannya, iPod nano dan iPod shuffle.

Perusahaan tersebut juga telah membuat langkah serupa dengan berhenti memproduksi iPod Classic pada 2014 yang lalu.

"Hari ini, kami menyederhanakan daftar tipe iPod kami dengan dua model iPod layar sentuh dengan kapasitas ganda dan harganya dimulai dari 199 dollar Amerika. Kami tidak akan melanjutkan memproduksi iPod Shuffle dan iPod Nano," tulis sebuah keterangan dikutip dari NME, Jumat (18/7/2017).

Jika penghentian produksi iPod klasik dikarena Apple yang mulai kesulitan menemukan suku cadang dan bahan pembuat yang cukup penting untuk membuat iPod tersebut.

Kali ini, penghentian produksi iPod nono dan shuffle disinyalir terjadi karena hal lain.

Salah satu hal yang mendasari penghentian produksi ini adalah karena kini orang lebih banyak menggunakan iPhone dan streaming servis di telepon selular mereka tanpa perlu mengunduh MP3 dan memasukannya ke perangkat lainnya.


Kini, Apple hanya akan memproduksi iPod dengan model layar sentuh.

Menurut Bloomberg, kedua tipe iPod tersebut sudah tidak diperjualbelikan di toko maya Apple dan akan segera tidak tersedia lagi di toko konsep Apple.

Tak hanya itu, iPod layar sentuh dengan kapasitas 16GB dan 64GB juga akan berhenti diproduksi. Sebagai gantinya, pembeli iPod akan diberikan pilihan dengan kapasitas sebesar 32GB dan 128GB.

iPod pertama kali diluncurkan di 2001 dan menjadi sebuah penemuan yang sangat memudahkan para pecinta musik di jamannya.

Perangkat yang dapat dibawa kemana-mana ini dapat menyimpan 1000 lagi. iPod shuffle kemudian diluncurkan pada 2005 dan iPod nano yang diluncurkan untuk menggantikan iPod mini. (srs/dar)