DetikHot

music

Mengenang Lagu-Lagu Terbaik Chris Cornell

Kamis, 18 Mei 2017 16:29 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Mengenang Lagu-Lagu Terbaik Chris Cornell Personel Audioslave dan Soundgarden, Chris Cornell meninggal dunia. Foto: Dok. GettyImages
Jakarta -
Semasa hidupnya, Chris Cornell meninggalkan begitu banyak warisan berupa lagu-lagu yang ia ciptakan. Apa saja lagu-lagu yang dapat membawa ingatan pendengarnya kepada sang mendiang musisi idola ini?

Ini dia lima lagu terbaik personel Soundgarden dan Audioslave, Chris Cornell, untuk dikenang.

'Black Hole Sun'

'Black Hole Sun' merupakan lagu yang ia bawakan bersama Soundgarden. Band tersebut sempat menjadi band grunge papan atas yang begitu ternama di era akhir 80-an dan awal 90-an. Nama Soundgarden kerap kali disandingkan dengan Nirvana.

Soundgarden dikenal sebagai band dengan musik berat dan menyuarakan kegelisahan menjadi lagu-lagu tak biasa. 'Black Hole Sun' adalah salah satu single yang patut dikenang.



'Like a Stone'

Jika 'Black Hole Sun' ia ciptakan untuk Soundgarden, lagu 'Like a Stone' adalah lagu yang ciptakannya untuk Audioslave. Lagu ini berada di album self-titled Audioslave yang rilis di tahun 2002.

'Like a Stone' adalah single kedua dari album tersebut. Lagu ini pernah menduduki puncak tangga lagu Billboard dan Hot Modern Rocks.

Lagu ini juga meraih kesuksesan di radio-radio pada masanya.

'Blow Up the Outside World'

Lagu yang terdengar gelap dan tak biasa ini, seperti lagu-lagunya, juga menjadi lagu yang begitu popular ketika dirilis sebagai single ketiga dari album kelima milik Soundgarden, 'Down on the Upside' pada tahun 1996.

'Blow Up the Outside World' juga masuk ke dalam A-Sides di tahun 1997 yang merupakan kumpulan lagu-lagu terbaik dari Soundgarden.



Mengenang Lagu-Lagu Terbaik Chris Cornell Personel Audioslave dan Soundgarden, Chris Cornell meninggal dunia. Foto: Getty Images


'Nearly Forgot My Broken Heart'


Lagu ini dirilis sebagai single dari album solo keempat dari Cornell, 'Higher Truth'. Lagu ini masuk ke dalam urutan kelima dari tanggal lagu rock versi Billboard pada masanya.

Dalam lagu yang terdengar begitu berani, vokal Cornell yang bersih namun juga sekaligus serak ini berpadu dengan nada-nada bertempo cepat dengan sentuhan string. Sebuah lagu yang tepat untuk mengenang musisi.

'Show Me How to Live'

Lagu 'Show Me How to Live' ini adalah dimana vokal Chris Cornell beradu dengan gebukan drum yang ciamik dan riff-riff gitar intensif. Lagu ini dibawakan Chris Cornell bersama Audioslave.

Lagu ini berhasil menduduki peringkat dua di tangga lagu Mainstream Rock Tracks sekaligus nomor empat di Modern Rock Tracks pada masanya.

Saksikan video 20detik tentang Kematian Chris Cornell di sini:

(srs/dar)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed