DetikHot

music

Dua Lipa dan Kecintaannya pada Musik

Kamis, 18 Mei 2017 13:24 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Dua Lipa dan Kecintaannya pada Musik Aksi panggung Dua Lipa saat tampil di Jakarta. Foto: Noel/detikHOT
Jakarta - Pelantun lagu 'Blow You Mind (Mwah)', Dua Lipa, datang ke Indonesia. Dalam kunjungannya kali ini, detikHOT mendapatkan kesempatan eksklusif untuk berbincang dengan penyanyi asal Inggris ini.

Mengenakan kaus warna merah muda dan rok pendek berwarna merah, ia tampak ramah dan berbinar-binar. Saat berbincang bersama, ia pun mengungkapkan bagaimana karir bermusiknya dimulai dan kecintaannya terhadap musik.

Dua Lipa mengatakan, ia tumbuh bersama musik sedari kecil. "Saya tumbuh di kelilingi dengan musik. Saya seringkali bernyanyi di sekeliling rumah, saya selalu bernyanyi di sekolah dan menari," kenangnya saat berbincang dengan detikHOT di kantor Warner Music Indonesia, Tugu Tani, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Ia pun mengatakan, menjadi penyanyi adalah cita-citanya sedari dulu. "Waktu kecil saya selalu tahu, saat dewasa, saya ingin hidup sebagai penyanyi," ungkapnya lagi.

Dua Lipa dan Kecintaannya pada Musik Aksi panggung Dua Lipa saat tampil di Jakarta. Foto: Noel/detikHOT


Mengenang masa kecilnya, Dua Lipa menceritakan, ia mulai jatuh hati pada musik karena orang tuanya. "Orang tua saya seringkali mendengarkan David Bowie, Radiohead. Kemudian saya mendengarkan beberapa musisi pop, Nelly Furtado, Pink, Destiny's Child, atau Christina Aguirella," kata penyanyi yang juga pernah menjadi model ini.

Meski demikian, Dua Lipa mengungkapkan, ia mendengarkan beragam genre musik. "Ada masa di mana semua orang mendengarkan hiphop seperti 50 Cents, Snoop Dogg. Berbagai macam musisi dengan genre yang berbeda-beda," ujarnya lagi.

Mendengarkan berbagai macam genre, baginya merupakan kelebihan sekaligus hal yang perlu disiasati saat ia harus memutuskan seperti apa musiknya ketika mulai memproduksi musik. "Hal itu menginspirasi sekaligus harus disiasati ketika diriku membuat musik karena aku menyukai begitu banyak jenis musik," ungkapnya.

Dua Lipa dan Kecintaannya pada Musik Aksi panggung Dua Lipa saat tampil di Jakarta. Foto: Noel/detikHOT


"Saya sangat terinpirasi dengan kejujuran yang ditawarkan oleh lagu-lagu rap. (Lagu-lagu rap) berbicara apa adanya dan menyampaikan apa yang ada di dalam dirimu dengan sebenar-benarnya. Saya ingin membawa elemen itu pada musik saya, namun lagu mungkin bisa saja disebut lagu pop," lanjutnya.

Satu hal yang pasti, apapun genrenya, ada sebuah ketenangan yang ditawarkan musik untuknya. Ia merasa semua akan baik-baik saja ketika ia bernyanyi.

"Ketika saya mulai bernyanyi, saya pikir semua akan baik-baik saja," ujar Dua Lipa sambil tersenyum.

Dua Lipa: YouTube Memainkan Peran yang Besar

Besarnya nama Dua Lipa kini tak bisa dipisahkan dari YouTube. Pasalnya, perempuan kelahiran 22 Agustus 2015 ini mulai dikenal sejak kerap menyanyikan kembali beberapa lagu popular di akun YouTube-nya saat ia masih belia.

Dalam perbincangan yang sama, ia pun mengaku bahwa YouTube memiliki peranan yang besar baginya. "Sebarapa YouTube signifikan untukku, ya, YouTube memainkan peran yang besar dan saya tidak pernah benar-benar mendapatkan semacam efek viral itu," katanya.

Akan tetapi, ia mengaku tidak pernah secara sengaja menggunakan sosial media untuk mempromosikan diri. Ia mengatakan, awalnya, itu hanya kegiatan iseng-iseng berhadiah dalam mengunggah video bernyanyinya.

"Saya sangat suka bernyanyi dan mengunggahnya di Facebook agar teman-teman sekolah saya bisa melihat. Seperti saya mengatakan kepada mereka, 'tonton cover saya dong, kalau kalian suka, kalian dapat menontonnya bersama-sama'," kisah Dua Lipa lagi.

Dua Lipa dan Kecintaannya pada Musik Aksi panggung Dua Lipa saat tampil di Jakarta. Foto: Noel/detikHOT


Kini, Dua Lipa mengatakan semua orang yang ia kenal di industri adalah orang-orang genius yang memiliki caranya sendiri untuk bermusik.

"Setiap orang mungkin berbeda, beberapa orang mengawali (karier bermusik) dengan menulis musik, beberapa lewat sosial media, beberapa lagi memiliki petualangan dan perjalanan yang berbeda," katanya.

Lalu, adakah saran dari Dua Lipa bagi mereka yang ingin mengawali karirnya lewat sosial media?

"Saya rasa sosial media kini sudah begitu maju, kamu hanya butuh percaya pada dirimu dan lakukan!" jawabnya bersemangat.
(srs/dar)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed