DetikHot

music

Coldplay Tokyo: Biarkan Kami Membalasmu dengan Air Mata

Kamis, 20 Apr 2017 07:11 WIB  ·   Muhammad Iqbal Fazarullah - detikHOT
Coldplay Tokyo: Biarkan Kami Membalasmu dengan Air Mata Foto: Iqbal Harahap
Tokyo -

Rangkaian panjang tur dunia Coldplay sudah sampai di Jepang, tepatnya di Tokyo Dome. Aula olahraga baseball yang kemudian kerap menjadi indikator suksesnya karier para musisi.

Kehadiran superband asal Inggris itu ke Jepang, Rabu (19/4/2017), sekaligus menjadi penutup 'A Head Full of Dreams Tour (AHFOD) 2017' wilayah Asia. Setelah sebelumnya menyambangi Singapura, Filipina, Thailand, Taipei dan Korea.

Sejak pukul 12.00 waktu setempat detikHOT mengantre untuk menukarkan voucher pembelian menjadi tiket resmi. Di babak ini, jamaah Coldplay harus dikecewakan karena sistem yang kurang baik. Hanya ada empat loket untuk melayani puluhan ribu calon penonton. Antreannya hampir separuh sisi stadion. Hasilnya, hingga menjelang 'Jerusalem Bell' berbunyi, masih ada ratusan yang mengantre dan memaki.

Untungnya, detikHOT sudah berhasil memegang tiket kategori 'SS' yang merupakan kategori ke-2. Selain itu ada kategori teratas VIP, dan lainnya, 'S' dan 'A'. Semua kategori tersebut merupakan reserved seat alias duduk dengan nomor bangku yang sudah ditentukan.

Antusiasme dan suasana semakin terbangun ketika jam memasuki pukul 16.30. Suhu Tokyo yang dingin dan berangin 9 derajat mulai dihangati teriakan penonton yang tak sabar. Ada yang berlari kegirangan ketika berhasil menyelesaikan antrean kios merchandise yang tak kalah panjang.

Sekitar pukul 19.20, Chris Martin, Guy Berryman, Jonny Buckland dan Will Champion menaiki panggung lebar dihiasi kedap-kedip warna merah dari gelang andalan mereka yang sudah melingkar di lebih dari 50 ribu pasang tangan. Repertoarnya masih sama saat detikHOT menikmati band kelahiran 1996 itu di pemberhentian sebelumnya, Singapura dan Bangkok.

Coldplay Tokyo: Biarkan Kami Membalasmu dengan Air MataFoto: Iqbal Harahap



'A Head Full of Dreams' menjadi pembuka. Disusul megahits 'Yellow' yang dilanjutkan 'Every Teardrop is Waterfall' dan hits lainnya, 'The Scientist'. Rasa yang menyesakkan dada itu kembali lagi meski sudah tiga kali melihat dan mendengarkan langsung, lagi dan lagi.

Hanya bedanya, tempat berlangsung konser. Tokyo Dome benar-benar menunjukkan kelas dan kuasanya sebagai salah satu gedung pertunjukkan terbaik di dunia. Gedung yang awalnya adalah markas tim baseball kebanggaan Jepang, Yomiuri Giants itu jelas memiliki akustik mumpuni. Apa yang keluar dari atas panggung terdengar lantang dan jernih ke bangku penonton. Tidak ada gema maupun gangguan tidak penting lainnya.

Pantauan lainnya dari bangku penonton, ternyata orang Indonesia masih banyak sekali ditemui malam tadi. Mungkin hampir sama banyaknya dengan penonton lokal. Sisanya datang dari negara-negara lain macam Hong Kong, Australia, Amerika Serikat dan beberapa dari Benua Eropa.

Dua jam lamanya Coldplay mengganyang Tokyo tanpa ampun. Babak pindah ke panggung yang lebih kecil di lagu 'In My Place' dan 'Don't Panic' pun dilakoni dengan khidmat tanpa cacat. Koor penonton nyaring memekakkan telinga. Apalagi ketika single kolaborasi mereka dengan The Chainsmoker, 'Something Just Like This' turut dihadirkan. Nyanyi dan bergoyang jadi menu utama sembari melemparkam tangan ke udara.

23 daftar lagu ludes dimainkan. 'AHFOD 2017' (A Head Full of Dreams--judul album dan konser COldplay tahun ini) versi Jepang ditutup dengan lagu baru bertemakan persatuan dan perdamaian, 'Up&Up'. Gelang-gelang itu berganti-ganti warnanya, biru, ungu, kuning, hijau, memenuhi langit Tokyo Dome laksana bintang yang Agung. Tanpa terasa air mata mengalir. Bukan satu atau dua orang, tapi banyak lainnya hingga tertangkap kamera. Wahai para ilmuwan, terima kasih atas musik yang begitu menggugah. Biarkan kami membalasmu dengan air mata bahagia.

Setelah ini, AHFOD 2017 akan langsung bertolak menuju Eropa, tepatnya Jerman. Hingga akhirnya menutup seluruh rangkaian panjang ini di Paris selama tiga hari di bulan Juli. Viva La Coldplay!


(doc/doc)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed