DetikHot

music

Iwan Fals, Sang Legenda yang Penuh Tenaga di BNI Java Jazz 2017

Senin, 06 Mar 2017 08:30 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Iwan Fals, Sang Legenda yang Penuh Tenaga di BNI Java Jazz 2017 Foto: asep Syaifullah
Jakarta - Di penghujung hari, panggung BNI Stage tak juga nampak redup. Penonton justru semakin ramai karena mereka tak sabar menanti penampilan sang legenda musik Tanah Air, Iwan Fals.

Tahun ini adalah pertama kalinya penyanyi yang kerap vokal 'meneriakan' isu-isu sosial di lagunya ini tampil pada panggung Java Jazz Festival. Lalu, apa jadinya jika lagu-lagu folk rock a la Iwan Fals dibalut oleh musik jazz? Yang terjadi adalah perpaduan yang begitu apik.

Setelah sambutan dari Tantowi Yahya, sang legenda naik ke atas panggung dengan mengucapkan salam. "Saya merasa bangga, ada di tengah lingkaran suci karena musik sudah mempersatukan kita," ujarnya.

Lagu 'Yang Terlupakan' pun menjadi pembuka yang manis malam hari ini. "Ini nyanyi sambil check sound," katanya sambil tertawa.

Masih membawakan lagu cintanya, 'Izinkan Aku Mencintaimu' menjadi lagu kedua yang ia bawakan. Menyinggung isu Pilkada serentak (tanpa menunjukkan keberpihakannya pada salah satu pihak) yang sedang marak dibicarakan akhir-akhir ini, Iwan Fals pun kemudian membawakan lagu dengan muatan kritik politik, 'Asik Nggak Asik'.


Setelah mengangkat isu politik, Iwan Fals pun membawa isu lingkungan ke panggungnya. "Alam kita kaya, makanan kita berlimpah, ini yang harus kita jaga," ujarnya kemudian membawakan lagu 'Tanam Siram Tanam' dengan suara khasnya yang terdengar lantang dan berstamina.

"Dan ini harapan untuk presiden saya, presiden kalian juga," kayanya sambil mengawali lagu 'Manusia 1/2 Dewa'. Pesan untuk presiden tersebut dibalut dengan arasemen musik jazz yang membuat lagu ini terdengar rumit namun juga bergizi.

Dengan semangat berapi-api dan penuh energi, ia pun membawakan lagu 'Bongkar'. "Revolusi harus terjadi, bongkar!" katanya sambil mengakhiri lagu.

Maurice Brown dan Kirk Whallum yang menjadi teman panggung Iwan Fals malam ini pun naik ke atas panggung. Penampilan mereka terasa kian menggempur dengan lagu 'Bento' yang memang telah dinantikan sekian lama.

Lagu 'Hio' dan 'Kuda Lumping' pun dibawakan setelahnya. Penuh gizi dan sarat makna adalah kata yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan penampilan Iwan Fals malam hari ini.

Sampai jumpa di Jakarta Intenational BNI Java Jazz Festival tahun depan!
(srs/wes)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
FOKUS BERITA: Java Jazz Festival 2017
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed