DetikHot

music

Pasar Keroncong Kotagede 2016 Jadi 'Tribute' untuk Kusbini

Rabu, 30 Nov 2016 17:35 WIB  ·   Bagus Kurniawan - detikHOT
Pasar Keroncong Kotagede 2016 Jadi Tribute untuk Kusbini Foto: Bagus Kurniawan
Jakarta - Pasar Keroncong Kotagede kembali akan digelar di kawasan Kotagede, Yogyakarta pada Sabtu (3/12/2016) pekan ini. Hajatan tahun kedua kali ini ditujukan untuk memberikan penghormatan kepada salah satu maestro keroncong yang juga pencipta lagu nasional, (alm) Kusbini.

Pasar Keroncong Kotagede 2016 yang bertajuk "Keroncong Jiwa Raga Kami" akan menampilkan beberapa artis dari Jakarta. Seperti Oppie Andaresta, dan Syaharani. Penampil lainnya berasal dari Jogja, antara lain musisi keroncong Subarjo HS dan pelawak yang juga sinden Yati Pesek.

"Secara spesial ini sebagai tribute to Kusbini, maka setiap penampil harus membawakan satu lagi dari ciptaan almarhum Kusbini," kata Ketua Panitia M. Alfan Farhan saat temu media di Yogyatorium, Jl Gedong Kuning, Yogyakarta, Rabu (30/11/2016).

Alfan mengatakan, ada tiga panggung di kawasan Kotagede yakni panggung Loring Pasar, Panggung Sayangan di sebelah utara Masjid Besar Mataram dan Panggung Sopingen di halaman Pendopo Sopingen.

"Total ada 16 grup yang tampil dan acara mulai pukul 19.00 WIB," katanya.

Salah satu pengisi acara, Subardjo HS telah berkecimpung di dunia musik keroncong bersama (alm) Kusbini pada tahun 1980-an. Adanya acara seperti ini membuatnya gembira. Ia pun berharap, gelaran ini menjadi salah satu upaya menyelamatkan musik keroncong agar terus lestari.
(bgs/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed