detikHot

music

Konser 'Tanda Mata Glenn Fredly untuk Ruth Sahanaya'

Sabtu, 01 Okt 2016 09:18 WIB Veynindia Esaloni Pardede - detikHot
Foto: Veynindia Esaloni Pardede Foto: Veynindia Esaloni Pardede
Jakarta -

Konser 'Tanda Mata Glenn Fredly Untuk Ruth Sahanaya' berlangsung di panggung di Balai Sarbini, Jumat malam (30/9) malam. Selama hampir 4 jam, penonton dipuaskan dengan beragam lagu yang dibawakan dengan konsep unik oleh Glenn Fredly.

Konser ini digelar untuk mengapresiasi 30 tahun Ruth Sahanaya dalam berkarya di belantika musik Indonesia. Dengan dinyanyikannya 18 lagu dari 7 album yang dimiliki Ruth Sahanaya, beberapa musisi turut ambil bagian dalam konser ini. Dengan Ruth Sahanaya yang duduk manis mendengarkan karyanya dimainkan oleh musisi-musisi ternama lainnya.

Lagu pembuka 'Goyang Suka-Suka' berhasil membuka teriakan penonton. Glenn dengan gayanya yang khas mulai bergoyang mengikuti alunan tempo lagu. Ia memainkan gaya panggung yang asyik denganbeat jazz yang membuai.

"Hari ini bukan hanya sebuah pop show, ini juga rock and roll show. Dan saya senang orang – orang yang berkumpul malam hari ini. Mama Uthe it's gonna be a crazy night," teriak Glenn di sela-sela lagu 'Goyang Suka-Suka'.



Beralih ke lagu kedua dengan mempertunjukkan kelihaiannya dalam memainkan piano dengan lagu Ruth Sahanaya berjudul 'Selangkah Cinta'. Tak lama kehadiran Yura Yunita memainkan piano. Dengan gaun putihnya ia terlihat anggun saat melantunkan lagu 'Ingin Kumiliki'.

Glenn Fredly tidak hanya mengapresiasikan karya Ruth Sahanaya melalui musisi ternama, ia juga mengambil kesempatan ini untuk memperkenalkan beberapa musisi baru berbakat. Lagu 'Satu Cinta' dibawakan dengan duet Adinda dan Amelia. Tidak sampai di sini, dengan memakai topi kupluk dan dengan gaya yang santai, Glenn kembali memainkan lagu Ruth 'Satu Cinta' yang diaransemen dengan genre jazz.



Konser ini juga turut mengundang penyanyi Monita Tahalea, dengan Mus Mujiono yang memainkan gitar dan Andi Rianto dengan aksi pianonya. Gaun putih panjang bercorak bunga dan juga suara Monita tegas mengantarkan penonton terhadap sosok Ruth Sahanaya dalam lagu 'Ada (Dalam Dirimu)' yang dilanjutkan "Selamanya'.

Uniknya lagi, ketika penyanyi senior Bob Tutupoli keluar bersama Margie Segers, salah satu penyanyi jazz wanita pertama di Indonesia. Mereka menyanyikan lagu 'Keliru' diiringi dengan pemain piano profesional dan pemain gitar Oele Pattisellanno. Margie keluar dengan rambut merahnya dan gimmick di antara Margie dan Bob tentang masa kesuksesan mereka di masa lampau sukses mengundang tawa penonton.

Kemunculan musisi Jazz Barry Likumahuwa dengan petikan gitar ajaibnya mengundang antusias para penonton. Ia memainkan lagu Ruth Sahanaya yang berjudul 'Tak Kuduga' dengan tiga orang penyanyi baru, Matthew, Tiara, dan Bakes. Tak kalah indahnya, Yovie Widianto muncul dengan aksi pianonya mengiringi beberapa penyanyi ternama seperti Maruli Tampubolon dan Stanley Sagala dengan lagu 'Merenda Kasih' dengan suara yang indah.

Sesuai dengan janjinya, Glenn membawakan lagu barunya yang berjudul 'Tanda Mata' khusus untuk Ruth Sahanaya. Dentingan piano yang ia mainkan seakan-akan menggambarkan keseluruhan tema konser ini berfokus pada Ruth Sahanaya, menceritakan kekagumannya pada penyanyi idolanya ini.

Tak kalah menarik, kombinasi suara yang ditampilkan oleh Widy 'Vierratale', Pasto, Matthew Sayersz, dan beberapa penyanyi lainnya dalam lagu 'Terlalu Indah' tak ayal membawa penonton larut dalam lirik yang menceritakan kenangan bersama seorang yang telah lama hilang. Banyak kejutan lainnya, seperti Panji yang tiba – tiba hadir dengan stand up comedy-nya, dan Lukman Sardi serta Chicco Jerikho yang hadir membawakan salah satu bagian di sela–sela acara.

Tak terasa waktu berlalu dan ditutup dengan lagu yang sudah tidak asli lagi di telinga penonton terutama para penggemar Ruth Sahanaya, 'Astaga'. Dengan beat yang tetap dibuat ceria dicampur dengan nuansa jazz lagu ini berhasil menggoyang badan setiap penonton.




(ich/ich)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com