detikHot

music

Lemmy Kilmister, dari Kru Jimi Hendrix hingga Ikon Metal Dunia

Selasa, 29 Des 2015 10:04 WIB M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Foto: Ian Gavan
Jakarta - Kabar meninggalnya vokalis/bassis Motorhead, Lemmy Kilmister menimbulkan duka yang massal pagi ini. Untuk kesekian kalinya, panggung musik ditinggal sosok legendaris.

Sedikit bernostalgia, jauh sebelum dirinya menjadi legenda, Lemmy memulai karier bermusiknya sejak lama sekali. Lahir di Staffordshire, Inggris pada malam natal, 24 Desember 1945, pria bernama asli Ian Freser Kilmister itu seakan sudah tahu bahwa takdirnya adalah musisi metal sejati.

Kurang lebih ada 20 band yang menjadi rumahnya untuk bermain bass di daratan Inggris Raya, sebut saja band bernama Sundowners dan Hawkind. Kenangannya menonton The Beatles pada 1961, semakin menjadi pemicu baginya membentuk band sendiri. Tapi tidak semudah itu karena perjalanan Lemmy jatuh bangun.

Pada 1967, dirinya lebih dulu bergabung dengan grup The Jimi Hendrix Experience sebagai kru. Sejak tak lagi bekerja, Lemmy kembali fokus pada band lamanya Hawkind hingga dirinya ditangkap di perbatasan Kanada karena kepemilikan narkoba pada 1975. Lima hari berada di dalam penjara cukup memberinya banyak kekuatan untuk benar-benar menjalankan sebuah proyek musik segar.

Lemmy kemudian bertemu dengan gitaris Larry Wallis dan Lucas Fox untuk membentuk band bernama Bastard. Sayang, nama tersebut dirasa kurang membawa keberuntungan dan kerap kali menjadi alasan penolakan banyak acara. Karena itu, Lemmy pun mengubah nama bandnnya menjadi Motorhead yang berasal dari salah satu lagu ciptaannya dulu. Formasi ini kemudian mencetak album debut Motorhead bertajuk 'On Parole' yang memuat sembilan lagu bermuatan rock tanpa ampun.

Sayangnya, Larry Wallis dan Lucas Fox hanya bertahan satu tahun, mereka diganti oleh Eddie Clarke dan Phil Taylor. Di formasi kedua ini Motorhead gemilang di kancah metal dunia.

Posisi gitaris terus berganti tapi Lemmy dan drummer Phil Taylor terus pasang badan untuk Motorhead. Sampai akhirnya kematian yang memisahkan mereka semua, Phil Taylor meninggal dunia lebih dulu, tepatnya pada November 2015 dan disusul Lemmy Kilmister hari ini.

Lemmy Kilmister, adalah satu-satunya orang di dunia yang bertanggung jawab atas 23 album Motorhead dari 1976 sampai 2015. Ikon metal dunia itu meninggal pada usia 70 setelah lelah berjuang melawan kanker dan penyakit komplikasi lain di tubuhnya. Salah satunya adalah penyakit hematoma atau penggumpalan darah di luar pembuluh darah akibat rusaknya dinding pembuluh darah.

"Tidak ada cara yang mudah untuk mengatakan ini. Teman terbaik kami, Lemmy meninggal dunia setelah bertarungnya dengan penyakit kankernya," tulis keterangan di halaman Facebook Motorhead pagi tadi.

Now, please play Lemmy's music loud!
(mif/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com