detikHot

music

Jerinx 'SID' hingga Navicula Garap 'Prisons Songs'

Senin, 29 Des 2014 10:34 WIB - detikHot
Para pengisi di proyek 'Prisons Songs' (Facebook Superman Is Dead) Para pengisi di proyek 'Prisons Songs' (Facebook Superman Is Dead)
Jakarta -

Lagi, musisi Bali berbicara musik dengan cara yang tidak biasa. Setelah menggagas aksi perlawanan 'Bali Tolak Reklamasi', gabungan musisi Bali kini sedang menggarap proyek yang diberi nama 'Prisons Songs'.

Proyek 'Prisons Songs' berangkat dari aksi mengumpulkan lagu yang ditulis di dalam penjara oleh tahanan politik di era 1965 sampai awal 1970-an. Digagas oleh komunitas bernama Komunitas Taman 65, drummer Superman Is Dead (SID) Jerinx, vokalis Navicula, Dadang Pranoto dan sejumlah musisi lain terlibat di dalamnya.

"Proyek brillian itu lahir dari ide Made Mawut dan Gede Putra dari komunitas Taman 65. Terkumpul enam lagu, dan tak satu pun lagu tersebut pernah direkam. Menariknya, beberapa lagu bahkan tidak diketahui bagaimana cara menyanyikannya karena penulisnya sendiri sudah tidak ingat bagaimana lagu tersebut dinyanyikan," tulis Jerinx di halaman Facebook resmi bandnya, Superman Is Dead, seperti dilansir detikHOT, Senin (29/12/2014).

"Akhirnya, hanya bermodalkan partitur dan lirik, Made Mawut me-reka ulang lagu-lagu tersebut sebisa mungkin," tulis Jerinx lagi.

Meski tidak membocorkan enam materi lagu di dalamnya, drummer penuh tato itu memberi sedikit gambaran lagu yang akan dinyanyikannya. Yaitu lagu berjudul 'Dikala Sepi Mendamba'.

"Saya kebagian menyanyikan lagu 'Dikala Sepi Mendamba' karya Ibu Pasek (menjadi tahanan politik karena terlibat Gerwani) yang ditulis tahun 1974. Lagu ini sama sekali belum pernah direkam, dan Ibu Pasek sudah lupa bagaimana menyanyikannya," jelasnya.

"Untung beliau masih menyimpan lirik dan partitur karya tangan beliau di buku harian-nya. Sebuah romansa noir yg begitu menyayat," tandas musisi bernama asli I Gede Ari Astina itu.

Secara lengkap, musisi yang mengisi adalah Kupit dan Man Angga dari Nosstress, Dadang Pranoto dari Navicula/Dialog Dini Hari, Banda Neira serta Made Mawut sendiri yang merupakan solois blues. Menurut rencana, proyek 'Prisons Songs' akan dirilis dalam bentuk album pada Februari tahun depan.


(mif/hkm)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com