Main Stage

Cerita di Balik Lagu-lagu Melankolis Last Child

- detikHot
Rabu, 19 Jun 2013 12:39 WIB
Last Child (Hasan/detikHOT)
Jakarta - Meski mengusung musik rock, Last Child justru dikenal lewat lagu-lagu yang melankolis dengan lirik penuh arti. Sosok yang perlu 'disalahkan' tak lain sang vokalis, Virgoun yang juga pencipta sebagian besar hits mereka.

Virgoun mengaku memang sudah lama gemar menulis dan membaca novel. Hal itulah yang membuatnya terpacu untuk menciptakan beberapa lagu dengan lirik yang puitis.

Lagu-lagu yang diciptakan olehnya merupakan cerita yang terinspirasi oleh kehidupan teman-temannya. Salah satunya adalah lagu 'Diary Depresiku'.

"Dulu kita masih nongkrong di kawasan Rawamangun, nah terus ada satu teman perempuan kita tiba-tiba udah pulang balik lagi jam setengah 3 pagi. Ternyata dia diusir dari rumah, nah karena itu tercipta lagu 'Diary Depresiku'," tutur Virgoun saat berbincang dengan detikHOT.

"Lagunya itu jelasin, kenapa yang perempuan aja bisa struggle di jalanan, masa perempuan bisa, laki-laki gak bisa? Ini bukan kita harus nyerah tapi kita bisa bertahan dari permasalahan yang ada," sambungnya.

Para personel lain juga sudah 'rela' tugas mencipta lagu diserahkan kepada Virgoun. Alhasil, ketiga personel lain seolah tinggal duduk manis menunggu lagu-lagu hits yang lahir dari tangan Virgoun.

"Memang nyesel juga sih dulu nggak suka baca. Sekarang emang udah nggak bakat nulis lagu," ujar pemain bass, Dhimaz sembari tersenyum kecil.

Virgoun sendiri seperti memang sudah siap dengan tugas yang diberikan teman-teman untuk menciptakan lagu. Ia mengaku punya dua lagu yang paling berkesan. Apa itu?

"Ada dua lagu, satu 'Anak Kecil' karena eks drumer gue dulu punya adik tiri di saat umur lima tahun itu dia broken home, dan bengong, kayak, orangtua bisa sampai begitu. Nah, itu kelihatan bahwa senyuman anak kecil paling berharga," tutur Virgoun.

"Kedua 'Sekuat Hatimu' itu inspirasi dari permintaan maaf ke nyokap gue. Pernah seminggu kabur nggak jelas karena DO, nah lagunya untuk permohonan maaf ke nyokap gue. Tapi akhirnya balik ke rumah dan gue aransemen lagi dan akhirnya nyokap gue nangis denger lagu itu," lanjutnya.

(fk/mmu)