detikHot

music

Semarak Musik Blues di Jakarta Blues Festival 2012

Minggu, 14 Okt 2012 08:36 WIB - detikHot
Jakarta - Akhirnya tuntas sudah acara Djarum Super Jakarta Blues Festival 2012 (DSJBF) yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10/12). Festival blues terbesar di Asia Tenggara itu berlangsung meriah dengan menampilkan kurang lebih 35 musisi.

DSJBF 2012 memberikan variasi empat panggung dengan tema yang berbeda. Hampir 12 jam, para penonton mondar-mandir untuk mencari tontonan musik yang menarik.

Tepat pukul 12.00 WIB, festival akhirnya dibuka dengan penampilan perdana band Blues Jazz Funky di white stage. Membawakan lagu dari Stevie Wonder berjudul 'Superstition', mereka coba memanaskan kondisi acara tersebut. Selanjutnya band yang baru dibentuk empat bulan lalu itu membawakan lagu-lagu lain dengan enerjik.

"Senang sekali bisa tampil disini, apalagi aksi kita ditonton oleh Pak Oding Nasution (Ketua InaBlues)," ucap sang vokalis Faudi disela-sela penampilannya. Kemudian di saat sedang asyik menikmati musik Blues Jazz Funky, tiba-tiba tak sedikit para penonton berpindah tempat.

Red stage jadi tempat persinggahan para penonton tersebut. The S.I.G.I.T tampil di panggung tersebut dengan menghentakkan irama musik rocknya. Keempat musisi asal Bandung itu benar-benar tampil atraktif di bawah panas terik matahari.

Saya kembali ke white stage dan melihat pengisi acara kedua di tempat tersebut. Band Electric Cadillac nampak asyik memainkan musik bluesnya.

60 menit acara berlangsung, blues stage dan green stage yang awalnya masih ompong kini telah diisi juga oleh penampilan dari 2 musisi lokal. Endah N Rhesa menempati stage biru yang merupakan stage utama di festival tersebut.

Duo musisi itu memainkan lagu pertamanya 'Good Day'. Selanjutnya dalam satu jam penampilannya, Endah N Rhesa membawakan lagu-lagu dari album pertamanya.

Sementara, Break Time Blues mengisi green stage. Mereka tampil enjoy dengan balutan musik bluesnya. Terlebih lagi dalam band mereka terdapat 2 pemain harmonika yang mengentalkan nuansa musik blues di lagu-lagu mereka.

Red stage kembali menampilkan pengisi acaranya. Jakarta Blues Connection tampil dengan menyanyikan lagu Iwan Fals berjudul 'Bento'. Setelah menyanyikan beberapa lagu, mereka featuring dengan sintia sebelum akhirnya membawa Lala Karmela ke atas panggung. Aksi Jakarta Blues Connection makin semangat dengan kehadiran 2 wanita cantik tersebut.

Kembali ke Green Stage, disitu sudah ada The Trees & The Wild. Meski panggungnya sederhana, tapi mereka membawa tatanan musik yang meriah dengan alat-alat elektronik di atasnya.

Blues stage memanggil Jakarta Broadway Team untuk memainkan musik bluesnya. Panggung itu terasa lebih spesial karena berada di dalam ruangan dan terlihat lebih besar.

Di saat yang bersamaan tepatnya pukul 15.15 WIB, red stage dan white stage diisi oleh 2 musisi berbeda daerah. Untuk red stage kehadiran Three Little Birds Trio dari Bandung dan white ada gitaris asal Bali, Balawan.

Balawan tampil dengan temannya dan menarik disimak karena ia menunjukan keahliannya memainkan alat musik petik tersebut. Lagu dari band metal seperti ACDC dan Guns N Roses dibawakan oleh Balawan dengan sang vokalis yang memiliki suara keras.

Setelah berbagai musisi dalam negeri beraksi, kini musisi luar yang menunjukan aksinya. Ialah Guy Davis jadi musisi tamu pertama yang datang dari Amerika Serikat yang tampil di DSJBF 2012.

Dari segi style, ia tampak unik dengan memakai peci hitam. Tak hanya itu, Guy mempertontonkan keahliannya bermain gitar dan harmonika.

Guy bercerita tentang konsernya di luar negeri dimana ia bermain bersama temannya dengan hanya menggunakan harmonika dan itu mendapat banyak tepukan tangan dari penonton. Aksi itu pun, ia tunjukan di festival tersebut dimana ia bernyanyi sambil memainkan alat musik tiup itu.

Goyang tubuhnya menambah seru aksinya. Ia begitu pintar memainkan harmonika dan juga pintar memberikan candaan serta tepukan para penonton yang datang.

Saat sedang asyik melihat penampilan Guy, saya harus kembali masuk ke blue stage. Di situ sudah berdiri Bill Sims Jr dengan memainkan alat musik gitar dan piano.

Dengan topi koboynya, ia tidak sendirian dalam menghabiskan waktu pentasnya. Bill ditemani 2 pemain harmonika asal Indonesia, Hari Pochang dan Krishna.

Mengungsi ke red stage karena di sana sudah ada The Brandals. Ia duet dengan penyanyi wanita bernama Tika dan Donny Suhendra sang keyboardis.

Tapi ternyata di panggung sebelah juga ada yang menarik. DSJBF 2012 mendatangkan band blues muda asal Filipina, Bleu Rascals.

Sebelum mengakhiri sesi pertama, white stage kedatangan John Paul Ivan. Mantan gitaris Boomerang itu berduet dengan gitaris lainnya yang tak kalah hebat, Krisna Dharmawan.

Dengan dubstep mereka berdua beradu memainkan gitar di penampilan pertamanya. Kemudian bergabung beberapa vokalis dari berbagai ajang pebcarian bakat seperti Yopie (Dream Band), Indri (AFI), dan Yoda (Indonesia Idol).

Sementara blue stage juga menutup sesi pertama dengan penampilan penyanyi wanita, Jemima, Dengan balutan baju biru, ia terlihat seksi membawakan lagu-lagu blues.

Selesai maghrib, malam pun menjelang. Tibalah untuk 100 gitaris terpilih oleh InaBlues menampilkan aksinya.

Para gitaris muda itu berkolaborasi dengan InaBlues All Star. Mereka memainkan lagu 'Kompor Meledeuk' dari Benyamin Sueb dimana vokalis disematkan oleh David Naif.

Setelahnya 3 stage sisa pun mulai kembali menggebrak suasana. Band Orsoen yang digawangi oleh Iwa K cs berada di blue stage, Trias Acustica di white stage, dan Blotymama di green stage. Khusus melihat penampilan band Orsoen tampil unik karena mereka mendaratkan pemain gendang dan suling ke atas pentas.

Makin malam, makin meriah. Rasanya kalimat itu cocok untuk menggambarkan situasi yang terjadi di DSJBF 2012. Keempat stage seperti tak pernah sepi kehadiran penonton. Lepas dari Orsoen, muncul Ginda and The White Flowers.

Band yang baru saja merilis album bulan Juni 2012 kemarin menghentak dengan alunan bluesnya. "Semoga album kami bisa mewarnai musik blues Indonesia," harap sang vokalis pada albumnya tersebut.

Sara Wijayanto datang menemani Ginda and The White Flowers. Mereka berdua begitu serasi dengan musiknya.

Red stage kembali menghadirkan tamu dan kali ini Baim trio. Menariknya dalam panggung tersebut kedatangan Fauzi Bowo di kerumunan para penonton.

Di sisi lain, TOR datang meramaikan pengunjung di green stage. Band yang sudah tampil 4 kali dalam festival itu terlihat santao memainkan musik bluesnya.

Naif pun akhirnya muncul 15 menit sebelum jam 21.00 WIB. David cs membawakan lagu-lagu hitsnya seperti 'Air dan Api', 'Mobil Balap', 'Jikalau', dan lainnya.

Kurang kebih dalam penampilannya di blue stage, Naif membawakan 10 lagu. Di saat yang bersamaan dari white stage kedatangan Free On Saturday.

Panggung merah yang berisi musisi rock kembali dipanaskan lewat penampilan Jan Akkerman. Pria asal Belanda itu tak sendiri berada di panggung karena ia membawa rekan bandnya.

DSJBF 2012 adalah kali kedua Jan berpartisipasi dalam acara tersebut. Lalu green stage terdapat gitaris kawakan, Adrian Adioetomo.

Wow, Guy Davis tampil kembali di panggung DSJBF 2012 yang kali ini ia tampil di beda stage. Style pakaiannya pun makin unik dengan mengenakan baju merah seperti piyama ditambah kaos hitam di dalamnya dan tetap dengan peci hitam.

Guy beraksi tak sendiri karena ia ditemani oleh Bill Sims jr. Aksi itu jadi ajang panggung dua orangtua manjakan mata anak muda.

Dan tiba akhirnya Davy Knowles tampil tepat pukul 22.00 WIB. Ia jadi musisi tamu terakhir yang berasal dari luar negeri sekaligus jadi penutup untuk blue stage.

Datang juga Gugun Blues Shelter yang telah ditunggu-tunggu penonton. Dari segi pakaian, sang bassis Jono yang paling menarik dilihat dengan kain sorban merah mengikat di kepalanya.

10 lagu pun dibawakan Gugun Blues Shelter. "Syukron, syukron, terima kasih sudah menonton konser kami. Ramai sekali," kagum Jono.

Pukul 11 malam pengisi acara di green stage sudah habis setelah ditutup oleh penampilan Andre Harihandoyo and Sonic People. Sementara untuk white stage, Baron with Violet Jessica juga coba memblueskan penonton sekitar.

Tepat pukul 00.00 WIB, puncak acara tiba dengan penampilan grup musik, Kotak. Tantri, Sheila, dan Chua mengenakan kostum santai dengan kaos tanpa lengan.

Kerabat Kotak, nama fansnya, juga datang ke Tennis Indoor Senayan. Total mereka membawakan 10 lagu dari 60 menit penampilannya. Lagu 'Beraksi' jadi lagu pamungkas menutup akhir acara yang panjang untuk DSJBF 2012. Luar biasa!


(hkm/hkm)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com