Review Film

LOVE: Siap-siap Terbuai Cinta!

- detikHot
Selasa, 05 Feb 2008 09:41 WIB
Jakarta - Cinta selalu bisa menyatukan segalanya. Termasuk lima kisah yang ditampilkan dalam film arahan sutradara Kabir Bathia, 'LOVE'. Siap-siap  terbuai cinta!

Film produksi 13 Entertainment ini dibuka dengan suara syahdu Gita Gutawa menyanyikan lagu 'Sempurna' milik Andra & the Backbone. Lagu tersebut digubah oleh sang ayah Erwin Gutawa bersama Bulgarian Symphony Orchestra.

Suaranya kemudian tergantikan dengan narasi dari Laudya Cynthia Bella. "Cinta ada sejak kita belum bisa mengucapkannya," begitu sebaris kalimat dari sejumlah rangkaian kata yang dituturkannya.

Satu-persatu tokoh film dimunculkan. Ada Rama (Fauzi Baadilah), pekerja percetakan. Iin (Acha Septriasa), mojang asal Sukabumi. Tere (Luna Maya), penulis novel. Awin (Darius) penjaga toko buku. Restu (Irwansyah), mahasiswa yang naksir Dinda (Laudya Cynthia Bella), dara yang kerap ia temui di busway. Gilang (Surya Saputra) dan Miranda (Wulan Guritno), pasangan muda dengan satu anak. Tak ketinggalan dua orang berumur Nugroho (Sophan Sophian) dan Lestari (Widyawati).

Dua kisah paling menarik dari 'LOVE' adalah cinta antara Rama-Iin dan Nugroho-Lestari. Cinta mereka bisa membuat tersenyum atau malah menangis.

Rama adalah seorang pekerja percetakan yang kemudian bertemu Iin. Iin datang ke percetakan tempat Rama bekerja untuk membuat selebaran, mencari kekasihnya di Jakarta. Iin ternyata datang ke ibukota dengan modal nekat. Karena kasihan, ia kemudian ditampung Rama di rumahnya yang terletak di pinggir rel kereta.

Pada akhirnya Iin harus menelan kekecewaan karena ternyata pria yang dicarinya sudah memiliki kekasih lagi. Untung ada Rama yang bingung dengan kisah cinta masa lalunya, namun belakangan jatuh cinta pada Iin.

Beralih ke kisah Nugroho dan Lestari. Nugroho, pria tua yang menderita Alzhaimer. Setiap hari ia berangkat ke sekolah tempatnya mengajar. Orang-orang pun menyapanya dengan panggilan 'Pak Guru.' Nugroho tak pernah ingat kalau ia sudah tak lagi mengajar dan bukan guru lagi.

Karena penyakitnya, Nugroho pun selalu mampir ke warung makan milik Lestari. Setiap hari, ia selalu menanyakan tukang reparasi jam di warung tersebut. Padahal di hari sebelumnya, ia sudah pernah bertanya pada Lestari. Nugroho juga selalu menyantap soto buatan Lestari. Lestari dengan setia meladeni Nugroho.

Akting Fauzi Baadilah sebagai Rama dan Acha Septriasa sebagai Iin, mampu mencuri perhatian. Acha menjelma menjadi gadis asal Sukabumi dengan logat Sundanya. Fauzi seperti biasa dengan penampilan coolnya.

Pasangan kawakan Sophan Sophian dan Widyawati juga bermain apik. Mereka bisa membuat penonton terharu sekaligus tertawa.

Selain dua kisah tersebut, 'LOVE' juga menawarkan tiga kisah lain yang cukup menarik. Bagaimana problema pasangan yang menikah muda ditampilkan lewat Gilang dan Miranda. Rasa sayang yang tulus disajikan Restu dan Dinda. Indahnya asmara serta problematikanya muncul lewat Awin dan Tere.

Jangan berpikir terlalu berat saat menonton 'LOVE'. Nikmati saja kisahnya, gambar-gambar indahnya plus soundtracknya seperti lantunan lagu 'Sempurna', Gita Gutawa dan 'Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki', Sheila On 7.
(eny/dit)