3 Piala Ana de Armas Berkat Blonde

ADVERTISEMENT

3 Piala Ana de Armas Berkat Blonde

Sayyidatus Syarifah - detikHot
Rabu, 15 Mar 2023 08:43 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - FEBRUARY 26: Ana de Armas attends the 29th Annual Screen Actors Guild Awards at Fairmont Century Plaza on February 26, 2023 in Los Angeles, California. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
(Foto: Getty Images/Frazer Harrison) Ana de Armas saat menghadiri SAG Awards.
Jakarta -

Ana de Armas sangat identik dengan film Blonde. Perannya sebagai Marilyn Monroe di film tersebut banyak menuai pujian, tetapi tak sedikit juga yang menghujat hingga menjadi kontroversi.

Salah satu adegan yang menuai kontroversi adalah saat Marilyn Monroe bersama dengan Presiden John F Kennedy. Dalam film ia mendapatkan perlakuan seperti sebuah barang yang harus 'dicuci' terlebih dulu lalu digunakan dan dibuang begitu saja. Banyak penonton yang merasa terganggu dengan adegan tersebut baik secara visual maupun emosi.

Ana de Armas mengungkapkan, memerankan sosok Marilyn Monroe adalah resiko besar dan tantangan baginya. Peran tersebut adalah kesempatan bagi Ana De Armas untuk membuktikan dan memperluas jangkauannya sebagai seorang aktris.

Berkat totalitasnya di film Blonde, Ana de Armas masuk dalam nominasi Oscar 2023. Meskipun pulang tanpa piala Oscar 2023, Ana de Armas berhasil meraih penghargaan lainnya untuk Blonde. Berikut daftarnya:

1. Best Actress - Capri Hollywood International Film Festival

Ana de Armas at the 95th Annual Academy Awards held at Ovation Hollywood on March 12, 2023 in Los Angeles, California. (Photo by Gilbert Flores/Variety via Getty Images)Ana de Armas saat menghadiri Oscar 2023. Foto: Variety via Getty Images/Gilbert Flores

Penghargaan pertama yang diterima Ana de Armas untuk film Blonde adalah Capri Hollywood International Festival 2022. Dalam ajang penghargaan tersebut, Ana de Armas berhasil keluar sebagai pemenang kategori Best Actress.

Capri Hollywood International Film Festival merupakan festival film Internasional yang diselenggarakan setiap akhir Desember atau awal Januari di Capri, Italia. Ajang penghargaan bergengsi ini pertama kali digelar tahun 1995, untuk memberikan apresiasi kepada film-film Internasional.

Selain itu, acara ini juga didedikasikan untuk membangun hubungan antara film Italia dan Hollywood. Terdapat 21 kategori nominasi di ajang penghargaan ini, termasuk Best Picture, Best Director, Best Actor, dan Best Actress.

2. She Deserves a New Agent Award - EDA Awards

Cuplikan adegan Ana de Armas di Blonde.Cuplikan adegan Ana de Armas di Blonde. Foto: Dok. Netflix

EDA Awards pertama kali diselenggarakan tahun 2007. Ajang penghargaan ini diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada film-film terbaik di setiap tahunnya. Penghargaan ini disebut EDA karena untuk menghormati aktris Eda Reiss Merin, yang merupakan Ibu dari Founder AWFJ, Jennifer Merin. Diketahui, AWFJ (Alliance of Women Film Journalists) adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2006, berbasis di New York City, dan didedikasikan untuk mendukung pekerjaan seorang wanita di industri film.

Ana de Armas berhasil meraih penghargaan EDA Awards 2022 untuk kategori She Deserves a New Agent Award berkat penampilannya di film Blonde. Dalam ketegori tersebut, Ana de Armas bersaing dengan aktris populer lainnya seperti Bryce Dallas Howard, Margot Robbie, dan Rebel Wilson. Pemenang di EDA Awards dipilih oleh anggota AWFJ yang terdiri dari 84 kritikus film wanita profesional, jurnalis, dan penulis fitur yang bekerja di media cetak, penyiaran , dan online.

3. Best Female Performance in an International Production - Actors and Actresses Union Awards

Ana de Armas Jadi Marilyn Monroe di Film BlondeAna de Armas Jadi Marilyn Monroe di Film Blonde Foto: Dok. Netflix

Ana de Armas baru saja meraih penghargaan Actors and Actresses Union Awards 2023. Ajang penghargaan ini diselenggarakan pada 13 Maret 2023 di Circo Price, Madrid. Ana de Armas memenangkan kategori Best Female Performance in an International Production berkat film Blonde.

Dalam kategori tersebut, Ana de Armas mampu menyaingi Clara Lago dan Penélope Cruz. Actors an Actresses Union Awards 2023 menjadi penghargaan ketiga Ana de Armas untuk film Blonde. Diketahui, Actors and Actresses Union Awards adalah ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh persatuan aktor dan aktris Spanyol sejak tahun 1991, untuk memberikan apresiasi kepada penampilan-penampilan terbaik dalam film, televisi, dan teater Spanyol maupun Internasional.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT