Kejutan di Oscar ke-95 dan Para Nominator Pertama

ADVERTISEMENT

Kejutan di Oscar ke-95 dan Para Nominator Pertama

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 25 Jan 2023 17:03 WIB
Workers roll out the red carpet on Hollywood  Boulevard  as preparations for the Academy Awards begin in Los Angeles, California, U.S., March 23, 2022.  REUTERS/Mike Blake
Persiapan gelaran ajang Oscar. Dok. Reuters
Jakarta -

Pada pagi tadi diumumkan nominasi-nominasi dari Oscar 2023. Sesuai dugaan banyak orang, Everything Everywhere All at Once berhasil masuk dalam Best Pictures dan bahkan membuat kejutan dengan meraih 11 kategori di ajang tersebut.

Beberapa kategori bergengsi pun diisi oleh nama-nama yang ternyata baru pertama kali masuk dalam nominasi Oscar, siapa sajakah mereka?

Michelle Yeoh

Cuplikan adegan di Everything Everywhere All at OnceCuplikan adegan di Everything Everywhere All at Once Foto: Dok. Ist

Kemenangan Michelle Yeoh di Golden Globe 2023 mungkin bisa diteruskan hingga mencetak sejarah baru di Oscar. Ia menjadi wanita Asia-Amerika pertama yang mendapatkan nominasi Best Actress. Jika menang, tentunya ini akan membawa perubahan besar bagi industri perfilman dunia.

Jamie Lee Curtis dan Stephanie Hsu

Penampilan Jamie Lee Curtis di Everything Everywhere All at Once berhasil membawanya melaju ke beberapa ajang penghargaan dan kini ia pun akhirnya masuk ke Oscar dan bersaing dalam kategori Best Supporting Actress.

Selain itu, rekannya di film tersebut, Stephanie Hsu, juga turut bersaing di nominasi yang sama dengannya.

Ke Huy Quan

Mantan aktor cilik yang telah lama menghilang dari Hollywood akhirnya kembali dengan memberikan penampilan memukau di Everything Everywhere All at Once. Ia pun mendapatkan penghargaan di beberapa ajang atas aksinya dan mengantarkannya selangkah lebih dekat menuju Oscar pertamanya.

Ana de Armas

Cuplikan adegan Ana de Armas di Blonde.Cuplikan adegan Ana de Armas di Blonde. Foto: Dok. Netflix

Mungkin Blonde dinilai sangat kontroversial, namun penampilan totalitas Ana de Armas berhasil merebut hati para juri di Oscar. Ia pun berhasil masuk dalam kategori bergengsi yakni Best Actress di Oscar pertamanya itu.

Brendan Fraser

Brendan Fraser saat tampil di The Whale.Brendan Fraser saat tampil di The Whale. Foto: Dok. Ist

Publik dibuat terkejut dengan penampilan Brendan Fraser di The Whale. Semuanya pun menjadi jatuh hati pada aktingnya dan membuatnya masuk ke dalam nominasi Oscar 2023 setelah puluhan tahun berkecimpung di Hollywood dan menjadi bintang utama di film-film box office.

Austin Butler

Cuplikan film Elvis.Cuplikan film Elvis. Foto: Dok. Warner Bros

Nominasi bergengsi di tahun ini banyak diisi oleh para aktor-aktor yang pertama kali mencicipi Oscar, salah satunya adalah Austin Butler. Aksinya di Elvis membuat ia disandingkan dengan para bintang lainnya yang juga perdana masuk dalam nominasi di ajang tersebut.

Bill Nighy

Bill Nighy di film Living (2022).Bill Nighy di film Living (2022). Foto: Dok. Ist

Persaingan yang cukup segar terjadi di Best Actor di mana muncul nama-nama baru di Oscar seperti Colin Farrell, Brendan Fraser, Austin Butler, Paul Mescal, dan terakhir Bill Nighy. Sosok yang terakhir sebenarnya merupakan salah satu aktor senior di industri film.

Pria berusia 73 tahun itu sudah lama hampir masuk ke Oscar hingga akhirnya Living yang berhasil mengantarkannya menuju ajang tertinggi di industri film tersebut.



Simak Video "Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2023: EEAAO Sabet 11 Nominasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT