Robbie Coltrane Meninggal Dunia, Selamat Jalan Hagrid

ADVERTISEMENT

Robbie Coltrane Meninggal Dunia, Selamat Jalan Hagrid

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 15 Okt 2022 12:34 WIB
Robbie Hagrid Coltrane
Foto: Twitter/Harry Potter Films
Jakarta -

Robbie Coltrane atau yang dikenal sebagai pemeran Hagrid di Harry Potter meninggal dunia di usia 72 tahun. Kabar duka itu sudah dikonfirmasi oleh pihak terdekatnya pada Jumat (14/10).

Kecintaan terhadap seni memang sudah terlihat sejak pria pemilik nama asli Anthony Robert McMillan bersekolah di Glenalmond College.

Kala itu ia memilih dunia seni lukis, hingga akhirnya menemukan 'bakat' nya di seni pertunjukan saat mengenyam pendidikan di Glasgow School of Art. Di sana lah, ia mulai sering tampil dan terkadang melakukan open mic sebagai komedian hingga akhirnya mendapatkan nama panggung Coltrane yang diambil dari musisi Jazz John Coltrane.

Penampilan perdananya di layar lebar terjadi pada 1979, lewat film Play for Today yang disutradarai oleh Richard Eyre. Selanjutnya ia mulai sering tampil di beberapa acara televisi seperti Flash Gordon.

Keterampilan komedi Coltrane mulai terasah hingga ia menemukan kesuksesan di awal 1980-an dalam acara sketsa TV seperti Alfresco dan A Kick Up the Eighties.

Namun, kemampuan Coltrane sebagai seorang aktor semakin terbukti, dan ia meraih sukses besar pada 1987 dengan Tutti Frutti, serial TV pemenang Bafta yang ditulis oleh John Byrne tentang band rock'n'roll Skotlandia. Coltrane menemukan dirinya semakin dicari untuk peran yang lebih besar dalam proyek-proyek profil tinggi, dari Derek Jarman's Caravaggio ke Falstaff di Kenneth Branagh's Henry V.

Coltrane memenangkan aktor TV terbaik Bafta pada 1994, 1995 dan 1996 untuk peran tersebut. Gaya hidup adiktif Fitzgerald juga mencerminkan aktor: Coltrane mengaku sebagai peminum berat pada 1980-an, dan tetap terkenal agresif, pernah mengancam akan memukuli Piers Morgan di sebuah restoran London. Dia kemudian berperan dalam dua film James Bond, GoldenEye dan The World Is Not Enough, sebagai agen KGB yakni Valentin Dmitrovich Zukovsky.

Hingga akhirnya ia pun berada di urutan teratas untuk casting penjaga sekolah Hogwarts, Rubeus Hagrid dalam film adaptasi dari seri Harry Potter karya JK Rowling - peran yang dikatakan hanya diambil setelah anak-anaknya mendesaknya.

Seri pertama, Harry Potter and the Philosopher's Stone, dirilis pada 2001, dan membuat Coltrane mendapatkan penonton baru dari penggemar yang lebih muda, dan membantu menghidupkan kembali kariernya, terutama di TV Inggris.

Pada 2009, ia bermain sebagai detektif investigasi DI Hain di David Pirie's Murderland, dan penampilannya sebagai bintang TV yang dituduh melakukan pelecehan seksual di acara Channel 4 2016 National Treasure disambut dengan pujian.

Penghormatan mulai mengalir untuk mendiang aktor di media sosial, salah satunya dari lawan mainnya yakni Stephen Fry, bintang serial komedi Alfresco.

"Saya pertama kali bertemu Robbie Coltrane hampir tepat 40 tahun yang lalu. Saya kagum dan takut (padanya) pada waktu yang sama."

"Kedalaman, kekuatan & bakat melucu untuk menyebabkan tawa dan menghibur saat kami membuat acara TV pertama kami, 'Alfresco'. Selamat tinggal, pria tua. Anda akan sangat dirindukan."

Daniel Radcliffe, sang bintang utama di waralaba kisah sihir itu juga berbagi kenangan indah dari waktu mereka di lokasi syuting saat dia memberikan penghormatan kepada Coltrane.

"Robbie adalah salah satu orang paling lucu yang pernah saya temui dan sering membuat kami tertawa terus-menerus sebagai anak-anak di lokasi syuting. Saya terutama memiliki kenangan indah tentang dia menjaga semangat kami di Azkaban, ketika kami semua bersembunyi dari hujan lebat selama berjam-jam di gubuk Hagrid dan dia bercerita dan membuat lelucon untuk menjaga semangat."

"Saya merasa sangat beruntung bisa bertemu dan bekerja dengannya dan sangat sedih dia meninggal. Dia adalah aktor yang luar biasa dan pria yang menyenangkan," ungkapnya.

Coltrane menikah dengan seniman patung Rhona Gemmell pada 1999, tetapi mereka berpisah pada 2003. Mereka memiliki dua anak.

Di tahun-tahun terakhirnya, dia lebih jarang muncul di film dan televisi, tetapi kembali untuk diwawancarai untuk HBO's Harry Potter 20th Anniversary: Return To Hogwarts dimana dia berbicara tentang bagaimana warisannya sebagai Hagrid akan bertahan lama.



Simak Video "Para Bintang Harry Potter Kenang Sosok Robbie Coltrane Pemeran Hagrid"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT