ADVERTISEMENT

Kumpulan Film-film Polisi Terbaik Sepanjang Masa

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 12 Agu 2022 15:47 WIB
Cuplikan adegan di Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Film polisi terbaik sepanjang masa. Dok. Ist
Jakarta -

Polisi menjadi salah satu kisah yang menarik untuk diangkat ke layar lebar. Beragam film-film tentangnya pun sempat mewarnai industri hiburan bahkan sampai diganjar Oscar. Lalu apa sajakah film-film bertemakan polisi yang jadi tontonan menarik untuk disaksikan? Berikut daftarnya:

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (2017)

Three Billboards Outside Ebbing, MissouriThree Billboards Outside Ebbing, Missouri Foto: (imdb)

Film yang bercerita tentang Mildred Haye (Frances McDormand) yang memprotes kasus pemerkosaan dan pembunuhan yang menimpa putrinya, Angela (Kathryn Newton) yang tak kunjung selesai ditangani oleh polisi. Ia pun memilih untuk menyewa 3 billboard dengan pesan-pesan yang membuat kesal salah satu petugas kepolisian yakni Bill Willoughby (Woody Harrelson) yang menderita kanker pankreas stadium akhir.

Bill pun mengajak anak buahnya, Dixon (Sam Rockwell) untuk meruntuhkan billboard tersebut. Beragam teror dan upaya mereka pun gagal, hingga akhirnya Bill memilih bunuh diri karena merasa gagal melaksanakan tugasnya untuk menemukan sang pelaku. Ia juga meninggalkan pesan yang menyebutkan jika kematiannya itu bukan gegara billboard yang dipasang oleh Mildred.

Film ini pun meraih sukses dan dampak yang cukup besar. Ada 7 nominasi Oscar yang didapatkan oleh mereka dan kemenangan telak di Golden Globe Awards. Mereka juga membuat pergerakan baru di mana billboard menjadi sarana unjuk rasa baru seperti yang terjadi di Malta setelah pembunuhan jurnalis Daphne Caruana, meskipun pemerintah mencabut billboards tersebut tak lama kemudian.

The Departed (2006)

Cuplikan adegan The Departed.Cuplikan adegan The Departed. Foto: Dok. Ist

Film thriller-crime yang disutradarai oleh Martin Scorsese ini layak disebut sebagai salah satu film polisi terbaik sepanjang masa. Diadaptasi dari film Korea bertajuk Internal Affairs (2002), film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Matt Damon. Berkisah tentang polisi bernama Billy Costigan (Leonardo DiCaprio) yang berusaha untuk menyusup ke dalam organisasi kriminal yang dipimpin Frank Costello (Jack Nicholson).

Sementara itu sebenarnya sudah ada agen lainnya yang lebih dulu masuk di geng tersebut yakni Colin Sulivan (Matt Damon). Keduanya pun sama-sama tak tahu jika mereka adalah agen yang menyamar, hingga akhirnya terjadi sebuah pembunuhan salah seorang rekannya. Kejadian itu pun diperparah dengan adanya polisi yang membelot dan memihak Frank serta melaporkan gerak-gerik keduanya itu. Hal ini membuat nyawa keduanya pun terancam.

Film tersebut meraih sukses dan diganjar empat piala Oscar dari nominasi paling bergengsi yakni Best Picture dan Best Editor. Pujian pun diberikan oleh para kritikus film dan menyebutkan jika remake tersebut sangatlah sukses dan membuat film itu jadi lebih berasa Amerika-nya.

Touch of Evil (1958)

Cuplikan adegan di Touch of Evil.Cuplikan adegan di Touch of Evil. Foto: Dok. Ist

Diangkat dari novel Badge of Evil karya Whit Masterson, film yang disutradarai oleh Orson Welles ini menjadi salah satu tontonan yang menarik bahkan digadang-gadang jadi karya terbaik dari sang sutradara. Film noir tersebut menggambarkan bagaimana buruk dan korupnya kepolisian di perbatasan Amerika-Meksiko yang bekerjasama dengan gembong narkoba di sana.

Polisi bernama Mike Vargas (Charlton Heston) terpaksa menunda bulan madunya dengan Susie (Janet Leigh) gegara kasus pengeboman yang menewaskan dua orang di perbatasan. Penyelidikan itu pun membuatnya berurusan dengan pemimpin kriminal di sana, Joe Grandi (Akim Tamiroff) dan membuat sang istri terancam karena diteror oleh Grandi.

Hal ini pun berimbas pada situasi di mana Susie dijebak oleh rekan suaminya tersebut dalam kasus pembunuhan Joe Grandi. Tak terima, Vargas pun berusaha mencari bukti-bukti untuk membantu istrinya tersebut terlepas dari tuntutan hukum.

Film ini pun menjadi bahan diskusi yang sangat menarik selama beberapa tahun dan meraih penghargaan di beberapa ajang internasional seperti Brussels World Film Festival hingga menjadi salah satu film bersejarah di Amerika Serikat.



Simak Video "Momen Danny 'The Script' Telepon Mantan Kekasih Penonton Konser"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT