ADVERTISEMENT

Mengenal Namor, Penguasa Atlantis di Black Panther: Wakanda Forever

Tim detikcom - detikHot
Senin, 25 Jul 2022 19:04 WIB
Namor di Marvel Comics.
Foto: dok. Marvel Comics/Fandom
Jakarta -

San Diego Comic-Con 2022 (SDCC 2022) jadi momen penting buat Marvel Studios dan para penggemar MCU. Sederet proyek di fase 4, fase 5, hingga fase 6 Marvel Cinematic Universe diumumkan di sini. Termasuk film yang akan segera tayang Black Panther: Wakanda Forever.

Tak hanya Black Panther: Wakanda Forever bakal mengenang kepergian Chadwick Boseman sebagai King T'Challa, film ini juga akan memperkenalkan karakter baru yang bakal jadi sosok penting di The Multiverse Saga. Dia adalah Namor the Sub-Mariner.

Di Black Panther: Wakanda Forever, Namor akan diperankan oleh aktor Meksiko Tenoch Huerta. Sang aktor juga secara resmi diperkenalkan di atas panggung panel Marvel Studios di SDCC 2022. Rumor kemunculan Namor sudah bergulir sejak lama. SDCC 2022 jadi momen pertama buat Kevin Feige, bos Marvel Studios, memperkenalkan sosok ini ke hadapan publik.

Siapa Namor the Sub-Mariner di semesta Marvel?

Namor merupakan mutan, anak yang lahir dari perkawinan antara bangsa manusia dan bangsa Atlantis. Ayahnya, Leonard McKenzie, bertemu dengan Putri Fen dari Atlantis, dalam sebuah peristiwa. Keduanya jatuh cinta sebelum akhirnya Leonard meniduri Putri Fen yang kemudian hamil. Ketika kembali ke Atlantis, Putri Fen melahirkan anak laki-laki yang kemudian diberi nama Namor.

Namor menghabiskan masa kanak-kanak hingga remajanya bersama sepupu lainnya dari Atlantis seperti Namora dan Byrrah. Dia juga punya teman dekat bernama Meranno. Berbeda dengan bangsa Atlantis lainnya, Namor tidak berkulit biru melainkan lebih seperti manusia daratan di bumi.

Namor di Marvel Comics.Namor di Marvel Comics. Foto: dok. Marvel Comics/Fandom

Dalam perjalanan cerita di komik, Namor terlibat dalam berbagai kejadian bersejarah termasuk Perang Dunia II bersama Captain America. Di satu kisah dia sempat mengalami amnesia dan berhadapan dengan Charles Xavier yang memberitahukan asal muasalnya dan juga soal status mutan yang dia miliki. Di era modern, Namor menyimpan dendam pada dunia atas laut atas kehancuran Atlantis dan menyerang mereka bersama monster laut Giganto. Di sini, Namor berhadapan dengan Fantastic Four hingga berkomplot dengan Doctor Doom.

Kaitan namor dengan X-Men juga amat erat mengingat dirinya seorang mutan. Dia pernah direkrut oleh Magneto untuk masuk ke geng mutan jahat dan bertarung melawan X-Men bersama Magneto. Di cerita ini, Namor jatuh cinta pada Scarlet Witch namun memilih untuk menjauh darinya karena trauma pernah disakiti oleh Susan Storm.

Namor juga sebenarnya adalah anggota Illuminati di komik. Illuminati pertama kali diperkenalkan di MCU lewat Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan Namor tak ada di deretan anggota. Sebagai anggota Illuminati, Namor dikenal sebagai sosok yang arogan dan agresif. Pendapatnya kerap bertolakbelakang dengan para anggota yang lain hingga akhirnya memilih buat keluar dari Illuminati.

Namor di Black Panther: Wakanda Forever hingga Secret Wars

Asal muasal Namor akan dijelaskan sejak kelahirannya di Black Panther: Wakanda Forever. Hal ini terlihat dari cuplikan dalam trailer yang dirilis juga akhir pekan lalu. Dalam kisah ini, akan terjadi perang antara Wakanda dan Atlantis. Dalam trailer terlihat juga Namor dan pasukannya menyerang Wakanda. Kebencian Namor terhadap Wakanda tentu beralasan dan kita akan tahu lebih detailnya dalam waktu dekat ini, yang pasti hubungan Namor dan Black Panther tak baik.

Di SDCC 2022, Marvel Studios juga mengumumkan film Avengers: Secret Wars yang direncanakan tayang 2025. Film ini sudah diramalkan kemunculannya dan akan jadi film akbar Marvel seperti halnya Endgame. Namor juga jadi salah satu karakter penting yang terlibat dalam Secret Wars. Di momen ini, Namor dan Black Panther memilih buat berdamai dan bekerja sama untuk mengembalikan Multiverse yang berada di ambang kehancuran.

Tenoch Huerta saat menghadiri panel Marvel Cinematic Universe di San Diego Comic-Con 2022 di San Diego Convention Center, 23 Juli 2022. (Photo by Albert L. Ortega/Getty Images)Tenoch Huerta saat menghadiri panel Marvel Cinematic Universe di San Diego Comic-Con 2022 di San Diego Convention Center, 23 Juli 2022. (Photo by Albert L. Ortega/Getty Images) Foto: Getty Images/Albert L. Ortega

Kekuatan Namor

Namor the Sub-Mariner memiliki kekuatan super yang tak dimiliki oleh superhero lainnya yakni bisa bertahan hidup di dalam air dan juga di daratan. Seperti halnya bangsa Atlantis lainnya, Namor sangat kuat hingga bisa berhadapan dengan She-Hulk, Hercules, hingga Mighty Thor. Dia juga punya kecepatan super, stamina yang luar biasa, dan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri.

Sebagai makhluk bawah air, Namor bisa melakukan telepati dalam air. Namun statusnya sebagai makhluk bawah air juga membuatnya selalu butuh air untuk mencapai kekuatan maksimalnya. Secara mental, Namor merupakan karakter yang goyah dan punya riwayat PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Hal ini kemungkinan berkaitan dengan kejadian kelam di masa kecilnya.

(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT