China Hapus Dialog Gay di Fantastic Beast 3

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 13 Apr 2022 15:27 WIB
Fantastic Beast 3
Cuplikan adegan di Fantastic Beast 3. Dok. Warner Bros
Jakarta -

China memang dikenal sebagai negara yang ketat dalam urusan sensor, beragam film dan musik tak bisa sembarangan masuk ke negara tersebut. Seperti yang baru-baru ini menimpa Fantastic Beast: The Secret of Dumbledore yang sebagian dialog di dalamnya terpaksa harus dihilangkan karena dianggap membahas soal penyuka sesama jenis atau gay.

Fantastic Beast 3Penampilan Mads Mikkelsen di Fantastic Beast 3. Foto: Dok. Warner Bros

Dialog selama enam detik tersebut melibatkan Dumbledore (Jude Law) dan Grindelwald (Mads Mikkelsen) yang mengatakan kalimat,'Sebab aku mencintaimu' hingga 'Aku jatuh cinta' dihapus oleh pemerintah China setelah film tersebut dirilis pada 8 April.

"Sebagai sebuah studio, kami berkomitmen untuk menjaga integritas setiap film yang kami rilis, dan itu mencakup keadaan yang mengharuskan membuat pemotongan bernuansa untuk merespon secara sensitif terhadap berbagai faktor di pasar," kata studio Warner Bros dalam sebuah pernyataan.

"Harapan kami adalah merilis fitur kami di seluruh dunia seperti yang dirilis oleh pembuatnya, tetapi secara historis kami menghadapi pengeditan kecil yang dibuat di pasar lokal."

Studio bersikeras bahwa meskipun ada pemotongan, semangat yang dibawa oleh film tersebut tetap utuh. Bahkan tanpa dialog tersebut, masih ada berbagai adegan yang menunjukkan ikatan erat antara dua karakter tersebut.

China memang dikenal sebagai salah satu negara yang menentang hubungan sesama jenis. Seluruh lembaga penyiaran hingga media sosial di sana pun selalu melakukan sensor terhadap hal-hal berbau LGBTQ.

Pada 2019, pidato Rami Malek saat memenangkan Oscar lewat film Bohemian Rhapsody pun turut disensor dari kata 'para pria gay' menjadi 'para kelompok spesial'.

Sementara homoseksualitas di dekriminalisasi di China sejak 1997 dan dihapus dari daftar resmi gangguan mental pada 2001. Di bawah pemerintahan Xi Jinping yang lebih konservatif dan membatasi bagi banyak orang LGBTQ.

Pada bulan Januari lalu, aplikasi kencan gay Grindr dicabut dari Apple Store dan tahun lalu layanan media sosial yang dominan di negara itu, WeChat, menghapus banyak akun LGBTQ.

Fantastic Beast 3 atau The Secret ofDumbledore tayang pada hari ini, Rabu (13/4) di seluruh bioskop di Indonesia.

Film itu pun turut dibintangi Eddie Redmayne, Jude Law, Ezra Miller, Dan Fogler, Katherine Waterston, Callum Turner, hingga Alison Sudol. Sementara Mads Mikkelsen didapuk untuk menggantikan Johnny Depp sebagai Gellert Grindelwald.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "'Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore' Kini Tayang di HBO GO"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)