Film Terhot Sepanjang 2021

ADVERTISEMENT

Film Terhot Sepanjang 2021

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 24 Des 2021 18:28 WIB
Film Terhot 2021
Deretan film terhot pada 2021. Dok. Ist

Demon Slayer:Mugen Train

Kimetsu No Yaiba Movie Demon SlayerKimetsu No Yaiba Movie Demon Slayer Foto: istimewa

Film animasi yang diangkat dari manga populer yakni Demon Slayer: Mugen Train, menjadi salah satu film yang ramai dibicarakan dan menjadi perhatian pada tahun ini. Sebenarnya film itu dirilis sejak 2020, namun sempat dijeda dan baru tayang di Indonesia pada 6 Januari.

Pada 2020, film itu pun menjadi satu-satunya film non-Hollywood pertama yang pernah mencetak sejarah sebagai film paling laris di box office tahunan dengan raihan mencapai 503 juta USD atau senilai Rp 7,2 triliun. Selain itu mereka juga menjadi film Jepang dan anime paling laris sepanjang masa.

Tak hanya itu saja mereka juga mendapatkan respon yang sangat baik di beberapa situs film. Animasi yang menarik khususnya di bagian aksi membuat para penonton dapat menikmati alur dan plot cerita yang disuguhkan dan larut di dalamnya.

The Suicide Squad

King Shark di film Suicide SquadKing Shark di film Suicide Squad Foto: Dok. Warner Bros

The Suicide Squad garapan James Gunn menjadi salah satu film yang diputar pertamakali setelah bioskop kembali dibuka pada pertengahan September lalu di Indonesia.

Film tersebut pun ramai dibahas di media sosial dan menghadirkan banyak meme dari para karakternya seperti King Shark/Nanaue (yang disuarakan oleh Sylvestre Stallone) yang berhasil membuat para penonton jatuh cinta padanya.

Film anti-hero tersebut pun menuai banyak pujian dari para kritikus film meskipun tak berhasil mendapatkan pemasukan yang sedikit mengecewakan karena hanya mendapatkan 72,2 juta USD saja sementara pihak Warner Bros telah mengeluarkan budget mencapai 175 juta USD untuk film tersebut.

Raihan itu tak lepas dari efek pandemi COVID-19 dan pemutaran yang cukup jauh jangka waktunya di beberapa negara hingga terjadinya pembajakan yang marak di media sosial.


Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas

Poster internasional film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar TuntasPoster internasional film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Foto: dok. Palari Films

Pada momen mendekati akhir tahun muncul banyak film-film kece dari para sineas lokas, salah satunya adalah Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

Film tersebut bahkan telah melanglang-buana ke beragam festival-festival di luar negeri sebelum akhirnya ditayangkan di bioskop Tanah Air. Total ada 33 festival film yang disinggahin oleh film yang dibintangi Reza Rahadian dan Marthino Lio tersebut.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas mendapat hadiah utama Golden Leopard di Locarno Film Festival. Jelang penayangannya di Indonesia, film tersebut juga menjadi pembuka Singapore International Film Festival pada 25 November 2021.

Sang Director of Photography Akiko Ashizawa juga memenangkan Best Cinematography di Seminci Valladolid International Film Festival 2021. Akiko juga tengah dinominasikan di Asia Pacific Screen Awards untuk kategori Achievement in Cinematography.

Yuni

Film YuniFilm Yuni Foto: Dok. Instagram

Yuni juga menjadi salah satu film lokal yang menjadi sorotan publik. Berjaya di festival film internasional, film karya Kamila Andini itu pun diajukan menjadi wakil Indonesia di kancah Oscar 2022.

Namun sayangnya Yuni gagal menembus babak pre-eleminasi pada kategori Best International Features Film dan tersingkirkan bersama wakil dari Asia Tenggara lainnya yakni The Medium (Thailand).

Sebelumnya Yuni diputar perdana dan memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021. Di ajang Festival Film Indonesia, Yuni juga mendapatkan 14 nominasi.

Sang sutradara Kamila Andini juga dipilih sebagai nominasi sebagai Sutradara Terbaik Asia Pacific Screen Awards 2021 bersanding dengan Asghar Farhadi dari Iran dan Ryusuke Hamaguchi dari Jepang.


Spider-Man: No Way Home

Poster terbaru Spider-Man: No Way HomePoster terbaru Spider-Man: No Way Home Foto: dok. Sony Pictures

Jika bicara film apa yang menuai hasil paling sukses di tahun ini maka Spider-Man: No Way Home lah jawabannya. Hal itu tak dapat disangkal lagi mengingat raihan pendapatan dari film tersebut hingga mencapai Rp 8,4 triliun hanya di pekan pertama penayangannya.

Hal itu pun membuat film yang dibintangi Andrew Garfield, Tobey Maguire dan Tom Holland tersebut jadi film paling larid di 2021. Dan telah melampaui budget produksi yang cukup fantastis yakni mencapai Rp 4 triliun (termasuk pemasaran).

Review positif dan pujian juga diberikan pada film garapan Jon Watts tersebut. Sinematografi, alur cerita serta penampilan para cast seolah menjadi kombinasi yang sangat spesial untuk menjadi penutup 2021 dan segala problematikanya.

Hal ini pun menjadi bukti kembali bahwa Marvel tak kehilangan tajinya setelah seri Avengers selesai pada 2019.



Simak Video "Year In Review 2021: Kilas Balik Penanganan COVID-19 di 2021"
[Gambas:Video 20detik]

(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT