ADVERTISEMENT

Gegara Film Yowis Ben, Brandon Salim Ketagihan Berbahasa Jawa

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Jumat, 10 Des 2021 12:46 WIB
Brandon Salim
Brandon Salim mengaku gemar berbahasa Jawa gara-gara film Yowis Ben Finale. Foto: Ahsan/ detikHOT
Jakarta -

Aktor muda Brandon Salim merupakan salah satu pemeran dalam film Yowis Ben. Dia berperan sebagai Nando, yang merupakan keyboardis di band Yowis Ben.

Film Yowis Ben sebagian besar menggunakan bahasa Jawa dan hanya sebagian kecil saja menggunakan bahasa Indonesia.

Sebagai orang yang lahir dan besar di Jakarta, keharusan menggunakan dialog berbahasa Jawa dalam film adalah pengalaman yang sangat baru bagi Brandon Salim.

"Lucunya pas reading pertama aku nggak bisa bahasa Jawa, Bayu pikir aku orang Jawa. Aku benar-benar nggak mengerti," kata Brandon Salim saat ditemui di acara gala premiere Yowis Ben Finale di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).

"Dan nggak cuma dialog Nando, tapi semuanya itu dalam bahasa Jawa," imbuhnya.

Saat ini, Brandon Salim mengaku telah terbiasa berdialog menggunakan bahasa Jawa. Dia mengaku senang karena dapat berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang yang berada di luar Jakarta.

"Tapi sekarang aku udah bisa bahasa Jawa. Jadi kayak aku senang banget. Dulu sebagai orang Jakarta aku kayak punya border dengan orang-orang di luar Jakarta," ucap Brandon Salim.

Brandon Salim juga menuturkan jika dia telah ketagihan berbicara dalam bahasa Jawa. Bahkan, dia juga kerap menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-harinya.

"Pas aku bicara dengan orang Jawa, wah hatinya langsung nembak gitu. Aku sudah ketagihan. Sama pak RT sekarang aku aja ngomongnya dalam bahasa Jawa," kata Brandon Salim.

Sekadar informasi, Film Yowis Ben Finale merupakan penutup dari tetralogi film dan serial Yowis Ben yang mulai tayang sejak 2018.

Film ini dibintangi oleh bintang-bintang muda di antaranya Bayu Skak, Brandon Salim, Cut Meyriska, Anya Geraldine, Joshua Suherman, hingga Tutus Thomson. Yowis Ben Finale dijadwalkan tayang pada 16 Desember 2021.



Simak Video "Produksi Film 'Yowis Ben 3' Dihentikan Gegara Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT