Apa Jadinya West Side Story di Tangan Steven Spielberg?

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 06 Des 2021 17:53 WIB
Sutradara dan bintang film West Side Story di karpet merah New York Premiere, Senin (29/11/2021) malam waktu setempat.
(Foto: dok. Instagram @westsidestorymovie) Ariana DeBose (kiri), Steven Spielberg (tengah), dan Rachel Zegler (kanan) di karpet merah pemutaran perdana West Side Story.
Jakarta -

Siapa tak kenal Steven Spielberg? Sutradara kawakan dan salah satu yang berpendapatan paling tinggi di Hollywood ini akan kembali dengan sebuah sajian istimewa yaitu West Side Story. Sesuai tebakan, ini adalah versi baru dari karya klasik yang ditampilkan di teater musikal Broadway (1957) dan film Hollywood (1961).

Steven Spielberg tak ingin menyebut West Side Story versinya sebagai sebuah remake. Dia lebih suka menyebut film yang diperankan oleh Rachel Zegler dan Ansel Elgort ini sebagai sebuah film layar lebar yang terinspirasi dari dua karya ikonik sebelumnya.

"Kami tidak pernah mencoba untuk membuat remake dari film West Side Story tahun 1961," katanya dalam wawancara dengan ABC.

Buat film versi 2021 ini, Steven Spielberg mendapatkan lisensi untuk menggunakan material dari panggung teater broadway pada1957. Dia bahkan bekerja langsung dengan penulis lirik dari lagu-lagu West Side Story yaitu Stephen Sondheim.

West Side Story arahan Steven Spielberg ini adalah salah satu karya terakhir dari Sondheim sebelum meninggal dunia di usia 91 tahun belum lama ini. Dalam berbagai wawancara berbeda, Steven Spielberg memberitahukan bahwa sepanjang proses produksi musik buat West Side Story versinya, Stephen Sondheim selalu ada bersama mereka.

"Kami bekerja dengannya selama produksi ini, lima hari dalam satu minggu," kata Spielberg.

"(Film ini) terinspirasi dari cerita dan material original dari musikal Broadway tahun 1957," lanjutnya dalam wawancara ABC.

Ini merupakan pertama kalinya Steven Spielberg menyutradarai film panjang bergenre musikal. Belakangan di Hollywood film-film musikal memang kerap muncul. Tak jarang pula film-film ini jadi masuk nominasi Oscar.

Meski ini merupakan pengalaman pertama buat Spielberg dalam menggarap film panjang musikal, sebelumnya dia sudah pernah memasukkan unsur musikal dalam filmnya. Salah satunya di seri Indiana Jones.

"Aku tidak pernah menyutradarai film musikal sebelumnya. (Tapi) ada beberapa penampilan musikal di film-filmku," lanjut Steven Spielberg.

West Side Story (2021) sudah mendapatkan ulasan positif dari para kritikus. Film ini akan menjadi debut Rachel Zegler di layar lebar yang kemudian membawanya ke sederet proyek lain di Hollywood salah satunya adalah live action Snow White dari Disney.

Penayangan West Side Story sempat tertunda lantaran COVID-19. Sayangnya Stephen Sondheim yang merupakan salah satu sosok penting dari musik dalam film ini tidak dapat menyaksikan penayangan perdana West Side Story bersama para cast dan sutradara.

Lagu-lagu ikonik dalam West Side Story seperti Tonight dan America akan dihadirkan versi barunya. Selain Rachel Zegler dan Ansel Elgort, West Side Story juga menampilkan wajah-wajah lain dari beragam etnis dan ras seperti Ariana DeBose, Mike Faist, dan David Alvarez.

Pemeran Anita dari film West Side Story (1961), Rita Moreno, tampil lagi dalam film ini. Dia dibuatkan karakter baru oleh Steven Spielberg dan penulis skenario Tony Kushner sebagai Valentina.

West Side Story akan tayang di jaringan bioskop Indonesia.

(aay/dar)