Lulus Sensor! The Matrix Resurrections Siap Panen Untung di China

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 24 Nov 2021 19:34 WIB
Poster karakter The Matrix Resurrections.
(Foto: dok. WarnerBros.) Setelah hanya bisa nonton The Matrix 1 dan 2 di DVD bajakan, lalu The Matrix 3 meledak di bioskop, kini fans China bakal menikmati film keempat di layar lebar.
Jakarta -

The Matrix Resurrections akan jadi film terbaru dari saga The Matrix yang direncanakan tayang di Amerika Serikat bulan depan. Film Keanu Reeves ini sudah dipastikan juga bakal tayang di China.

Waralaba The Matrix merupakan salah satu yang paling populer di Negeri Tirai Bambu. Penggemar di China menikmati dua film pertama The Matrix (1999) dan The Matrix Reloaded (2003) lewat DVD bajakan yang kala itu sedang marak dan menjamur di sana. Dikutip dari THR, film ketiga The Matrix Revolutions yang juga dirilis tahun 2003 menjadi film Hollywood pertama yang tayang di bioskop China berbarengan dengan penayangan di Amerika Serikat.

Melihat pasar yang begitu besar ini, Warner Bros. pun memilih menjadikan China sebagai salah satu sasaran utama penayangan The Matrix Resurrections, selain Amerika Utara. Yang pasti film keempat The Matrix ini akan mendapatkan lebih dari 12 layar di Beijing, bila dibandingkan dengan penayangan film ketiganya tahun 2003 lalu.

Warner Bros. kini siap panen untung di China. The Matrix Resurrections sudah lulus sensor seperti dilaporkan oleh media lokal pada Selasa (23/11/2021). Seperti diketahui, China kini menjadi pasar film bioskop terbesar di dunia. Sepanjang tahun 2020 saja, pendapatan bioskop dari pemutaran di China mengalahkan pemasukan di pemutaran bioskop seantero Amerika Utara.

Meski di tengah ketegangan politik antara Amerika Serikat dan China yang menyebabkan beberapa studio memilih tak menayangkan filmnya di sana, The Matrix Resurrections rupanya menjadi pelopor. Penayangan The Matrix Resurrections di China disebut-sebut bisa jadi angin segar buat film-film Hollywood lain yang akan datang.

Keanu Reeves kembali memerankan Neo di The Matrix Resurrections. Dalam trailer terakhir yang dirilis, videonya dibuka dengan karakter Keanu Reeves sedang melakukan konseling dengan seorang ahli kejiwaan yang diperankan oleh Neil Patrick Harris.

Neil Patrick Harris memanggil Keanu Reeves dengan nama Thomas. Di momen itu, Thomas mengisahkan mimpi yang dialaminya.

Poster karakter The Matrix Resurrections.Poster karakter The Matrix Resurrections. Foto: dok. WarnerBros.

"Aku bermimpi yang bukan cuma mimpi. Apakah aku gila?" katanya.

Ada banyak sekali pertanyaan yang muncul setelah trailer pertama The Matrix Resurrections meluncur beberapa waktu lalu. Yang utama adalah bagaimana Neo yang diperankan oleh Keanu Reeves dan Trinity yang diperankan Carrie-Anne Moss akan kembali ke cerita The Matrix.

Seperti yang diketahui, spoiler alert, di trilogi The Matrix, dua karakter ini dikisahkan sudah mati. Sehingga kemunculan mereka kembali tentu membuat banyak yang penasaran bagaimana The Matrix 4 akan melanjutkan ceritanya.

Di salah satu adegan diperlihatkan juga Neo dan Trinity bertemu lagi dan berjabatan tangan.

"Kita pernah bertemu sebelumnya?" tanya Trinity.

Ada banyak elemen dari film The Matrix yang dulu juga ditampilkan di trailer The Matrix Resurrections. Sebut saja kucing hitam, tato kelinci putih, dan pertarungan antara Neo dan Morpheus. Melihat trailernya, sepertinya Warner Bros. menyiapkan sebuah kelanjutan cerita sekaligus reboot dari The Matrix.

The Matrix Resurrections disutradarai oleh Lana Wachowski dan akan tayang 22 Desember 2021 di bioskop Amerika Serikat dan HBO Max. Selain Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss, The Matrix Resurrections juga didukung oleh Yahya Abdul-Mateen II, Jessica Henwick, Jonathan Groff, hingga Priyanka Chopra. Jada Pinket Smith juga hadir sebagai Niobe, Lambert Wilson sebagai The Merovingian, dan Daniel Bernhardt sebagai Agent Johnson.

[Gambas:Youtube]




(aay/mau)