Mens Sana In Corpore Sano! 5 Film Bertemakan Olahraga

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Selasa, 19 Okt 2021 12:03 WIB
Film Garuda di Dadaku
Deretan film-film bertemakan olahraga. Dok. Ist
Jakarta -

Hampir pada semua film olahraga cerita dari film tersebut menceritakan dari seorang atlet yang memenangkan perlombaan. Kemenangan itu bisa diartikan sebagai balasan akibat kekalahannya yang telah dilalui dulu.

Pada kebanyakan film olahraga juga menceritakan tentang bagaimana atlet tersebut meraih juara atau kemenangan dan menjadi kenangan indah di pikiran orang-orang. Seperti pada kehidupan nyata yang diraih Anthony Sinisuka Ginting saat memenangkan piala Thomas Cup di Denmark.

Berikut film-film yang bertemakan olahraga:

1. Rocky (1976)

Cuplikan film 'Rocky IV'.Cuplikan film 'Rocky IV'. Foto: Dok. MGM Studio

Siapa yang tak kenal dengan film Rocky yang satu ini. Meskipun film klasik yang dirilis pada tahun 1976 ternyata film ini cukup baik di ingatan para penggemar film. Film yang diperankan oleh Sylvester Stallone ini menceritakan tentang dirinya yang bertarung di kelas berat.

Rocky Balboa merupakan seorang petinju Italia Amerika yang berlatar belakang pekerja dan tidak berpendidikan namun memiliki hati yang baik. Film ini disutradarai oleh John G. Avildsen.

2. The Karate Kid (2010)

The Karate KidThe Karate Kid Foto: Dok. Columbia Pictures via IMDb

The Karate Kid atau disebut sebagai The Kung Fu Dream di China, merupakan film yang menceritakan olahraga bela diri karate. Film yang dirilis pada tahun 2010 ini disutradarai oleh Harld Zwart. Film ini dibintangi oleh Jackie Chan yang memerankan Mr. Han dan Jaden Smith yang memerankan Dre Parker.

Film ini menceritakan tentang Daniel yang pindah sekolah ke China mendapatkan bully di sekolahnya. Lalu dia belajar dengan gurunya Mr. Han untuk bela diri. Pada klimaks film ini ialah Dre bertarung dengan laki-laki yang membullynya di sekolah pada perlombaan bela diri.

3. Garuda di Dadaku (2009)

Film Garuda di DadakuFilm Garuda di Dadaku Foto: Dok. Ist

Film Garuda di Dadaku ini mendapatkan jumlah penonton sebesar 1,2 juta pada hari perilisannya. Film yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah ini merupakan film yang terinspirasi oleh novel "Mimpi Sang Garuda" karya dari Benny Ramdhani. Film ini juga meraih penghargaan dalam kategori film Anak Terbaik dalam Festival Film Indonesia.

4. 3 Srikandi (2016)

3 SrikandiFilm 3 Srikandi Foto: official '3 Srikandi'

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini memiliki latar belakang Olimpiade Musim Panas Seoul pada tahun 1988. Film yang menceritakan tentang olahraga panah ini dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro sebagai atlet pemanah.

Film ini juga dibintangi oleh Reza Rahardian sebagai pelatih dari atlet tersebut.

5. Mata Dewa (2018)

Film Mata DewaFilm Mata Dewa Foto: Dok. Ist

Film dengan drama olahraga ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama Dewa ingin membawa sekolah SMA nya menjadi juara DBL. Film yang diangkat dari kisah nyata ini disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf.

Film ini berawal dari Dewa yang tertimpa petaka karena menolong Bening dari penjambretan. Akibatnya salah satu matanya tidak berfungsi dengan baik hingga membuat Dewa patah semangat.



Simak Video "Merah Putih Tak Berkibar di Thomas Cup, Ladi Ngaku Dicap Pengkhianat Bangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)