Terungkap Alasan Nicholas Saputra Tampil Berkumis di Film Paranoia

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 11 Okt 2021 16:40 WIB
Film Paranoia disutradarai Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana.
(Foto: dok. Miles Films) Dari AADC 1, Gie, hingga AADC 2, Nicholas Saputra tak pernah tampil berkumis di film Mira Lesmana dan Riri Riza. Tapi tampilannya akan beda di film Paranoia.
Jakarta -

Miles Films akan menayangkan film thriller pertama garapan Riri Riza dan Mira Lesmana, Paranoia, pada 11 November 2021 di bioskop. Nicholas Saputra menjadi salah satu pemeran utama dalam film ini. Aktor yang akrab dengan karakter Rangga di produksi Miles Films lainnya, Ada Apa Dengan Cinta?, itu tampil beda di Paranoia. Nicholas Saputra tampil berkumis.

Nicholas Saputra terbilang tak pernah tampil berkumis dalam film-film terdahulu. Dari Joni di Janji Joni hingga Bono di Aruna dan Lidahnya, aktor kelahiran 24 Februari 1984 itu selalu tampil 'polos'. Buat Paranoia, dia tampil beda dan itu sudah terlihat dari potongan gambar yang dirilis Miles Films, trailer, hingga poster film tersebut.

Ada cerita di balik keputusan sutradara Paranoia, Riri Riza, untuk membuat karakter Raka yang diperankan oleh Nicholas Saputra dalam film ini punya kumis. Namun, hal itu juga tidak terlepas dari sosok Nicholas Saputra sendiri.

"Sebenarnya Nicho itu punya banyak bulu dari dulu," canda Riri Riza dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (11/10/2021) secara virtual. Dilanjutkan oleh Riri Riza, saat awal proses pembicaraan soal Paranoia dengan sang aktor, Nicholas Saputra datang dalam kondisi sedang berkumis.

"Jadi (karena) PSBB, sebelum PPKM, lupalah cukur kumis gitu. Dan sepertinya itu yang menginspirasi Mas Riri untuk karakter Raka. Saya sih nggak protes," timpal Nicholas Saputra.

Riri Riza menjelaskan soal keputusannya buat membiarkan kumis Nicholas Saputra jadi bagian dari karakter Raka dalam film Paranoia. Menurutnya, fitur wajah tersebut merupakan sebuah elemen menarik yang perlu dicoba buat digali buat karakter yang akan diperankan oleh Nicholas Saputra.

"Ini karakter, bagian dari bangunan karakter, dan kita harus percaya bahwa dalam tradisinya, aktor-aktor itu untuk menunjukkan kedewasaan, misteri, dan masa lalunya, ada banyak elemen yang bisa digunakan. Mulai dari perwajahan, kostum, postur, dan kita mencoba berbagai hal. Dalam 1,5 bulan kita mencoba dan saya bilang ke Nicho, itu rambut panjang coba biarin, bulu-bulu di wajah biarin dulu, nanti kita lihat, kita kontrol. Apakah harus dipotong pendek, atau ditambah. Akhirnya ketemu yang paling tepat," jelas Riri Riza.

Film Paranoia disutradarai Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana.Film Paranoia disutradarai Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana. Foto: dok. Miles Films

Nicholas Saputra dirasa oleh Riri Riza dan Mira Lesmana sebagai aktor yang paling cocok buat memerankan Raka. Paranoia jadi kolaborasi selanjutnya antara sutradara, produser, dan sang aktor di layar lebar. Sebelumnya mereka sudah terlibat lewat AADC 1 dan 2, Pendekar Tongkat Emas, Tiga Hari untuk Selamanya, dan Gie.

Ketika menciptakan karakter Raka, Mira Lesmana dan Riri Riza sudah membayangkan bahwa Nicholas Saputra yang akan memerankan karakter ini. Namun lebih dari itu, keduanya memiliki keyakinan bahwa dalam setiap produksi film mereka harus memilih sosok yang profesional dan mampu dalam membawakan karakter dengan baik.

"Saya sudah bekerja dengan Nicho dalam waktu yang cukup panjang dan saya sudah tahu kemampuannya, imajinasinya, dan banyak hal-hal yang dia kerjakan di luar negeri juga dan itu menunjukkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa dia lakukan. Tentunya untuk Raka saya ketemu sama dia dulu, ngobrol dulu, dari situ kita lihat apakah kita bisa sama-sama percaya pada karakter ini," lanjut Riri Riza.

"Dari awal kami sudah tahu bahwa kita akan tinggal sekian lama bersama dengan protokol kesehatan yang ketat. Kita memastikan kita bekerja dengan orang-orang yang kita tahu mampu, kita kenal profesional, dan dengan begitu kita juga akan nyaman bekerja. Ketika kita sudah tahu siapa yang main, semua akan nyaman," tandas Mira Lesmana.

Selain Nicholas Saputra, Paranoia juga diperankan oleh Nirina Zubir, Lukman Sardi, dan Caitlin North Lewis. Lewat film ini, Riri Riza dan Nirina Zubir masuk nominasi untuk Sutradara Terbaik dan Pemeran Utama Perempuan Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2021.

Film Paranoia disutradarai Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana.Film Paranoia disutradarai Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana. Foto: dok. Miles Films
(aay/mau)