The Green Mile, Kolaborasi Frank Darabont-Stephen King Usai The Shawshank Redemption

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Rabu, 22 Sep 2021 17:06 WIB
The Green Mile
Film The Green Mile yang dibintangi Tom Hank dan Michael Clarke Duncan. Dok. Ist
Jakarta -

The Green Mile merupakan sebuah film yang sudah dirilis sejak tahun 1999. Film ini disutradarai oleh Frank Darabont, yang juga merupakan sutradara The Shawshank Redemption, film legendaris dengan rating tertinggi versi IMDb.

The Green Mile merupakan sebuah film bergenre crime-drama-fantasy yang diadaptasi dari novel karya Stephen King yang rilis pada tahun 1996 dengan judul yang sama.

Berlatar tahun 1935 film The Green Mile menceritakan tentang seorang petugas penjara bernama Paul Edgecomb (Tom Hanks) dan tahanan bernama John Coffey (Michael Clarke Duncan). John Coffey merupakan seorang tahanan baru dengan tampilan fisik yang sangat mengintimidasi.

The Green MileThe Green Mile Foto: Dok. Ist

Namun sebenarnya ia merupakan orang kulit hitam yang memiliki hati sangat lembut dan memiliki kemampuan supranatural. Ia menjadi tertuduh akan sebuah kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap dua gadis cilik yang mana tak dilakukan olehnya.

Meski ia telah bersikeras menjelaskan bahwa ia bukan pelakunya, tetapi rasisme dan segregasi yang begitu kuat pada masa itu membuat John tidak dapat berbuat banyak. Ia pun terus-terusan disiksa agar mengakui jika itu adalah perbuatannya.

Sementara Paul ia seorang pengawas di Green Mile yang menderita infeksi saluran kencing yang membuatnya sangat sulit untuk buang air kecil.

Penyakit tersebut membuat dirinya sadar jika tahanannya memiliki kemampuan supranatural. John Coffey entah bagaimana dapat berhasil menyembuhkan Paul. Persahabatan mereka pun terjalin erat dan keduanya jadi kerap bersama.

Tidak berhenti sampai disitu, John Coffey bahkan juga menyembuhkan tumor yang diderita istri kepala penjara yakni Melinda Moores (Patricia Clarkson) dan menghidupkan kembali tikus peliharaan Del (Michael Jeter).

Melihat kebaikan hati John Coffey, seluruh penghuni Green Mile pun yakin dia tidak pernah membunuh siapapun. Namun mereka tak dapat berbuat apa-apa terkait vonis tersebut.

The Green MileSalah satu momen tersedih di The Green Mile Foto: Dok. Ist

John pun pasrah menghadapi eksekusi matinya dan meminta untuk menyaksikan film Top Hat bersama dengan seluruh sipir penjara tersebut.

Film The Green Mile ini telah mendapatkan empat nominasi Oscar diantaranya Best Sound, Best Screenplay, Best Supporting Actor (Michael Clarke Duncan), dan bahkan Best Picture. Tak heran jika The Green Mile termasuk dalam top rated movie 31 di IMDb dan dapat dikatakan menjadi salah satu karya terbaik yang muncul di akhir dekade 90-an.



Simak Video "Tom Hanks Buka Academy Museum of Motion Pictures untuk Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)