7 Fakta The Shawshank Redemption, Film Terbaik Sepanjang Masa

Ahsan Nurrijal - detikHot
Rabu, 22 Sep 2021 14:03 WIB
The Shawshank Redemption
7 Fakta film Shawshank Redemption. Dok. Ist
Jakarta -

The Shawshank Redemption merupakan film karya Frank Darabont yang rilis pada tahun 1994. Dibintangi oleh aktor-aktor besar seperti Tim Robbins dan Morgan Freeman, film ini mengisahkan tentang kehidupan keras dari dua narapidana dalam penjara yang paling ketat.

Hari ini, film tersebut tepat beranjak 27 tahun sejak perilisannya pada 22 September 1994. Banyak fakta-fakta unik dalam film The Shawshank Redemption. Berikut detikcom bagikan fakta-fakta tersebut dalam artikel berikut ini!

1. Film dengan rating tertinggi di situs IMDb

IMDb merupakan situs database film terbesar di dunia. Dalam situs tersebut, terdapat fitur rating yang dapat digunakan oleh user untuk memberi nilai pada suatu film. Hingga saat ini, The Shawshank Redemption menjadi peringkat pertama dengan perolehan rating 9,3.

Nilai tersebut diperoleh dari rata-rata nilai yang telah diberikan oleh 2,5 juta pengguna IMDb. Tepat di bawahnya ada The Godfather yang memiliki rating 9,2 dari penilaian 1,7 juta pengguna. Melihat data, The Shawshank Redemption masih akan berada di posisi atas dalam waktu yang lama.

2. Adaptasi dari sebuah novel

Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel karya Stephen King yang berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption. King menjual hak cipta novel tersebut dengan harga yang sangat murah pada Frank Darabont yang merupakan sahabatnya.

Pada awalnya, Darabont mengadaptasi novel tersebut menjadi film pendek berjudul The Woman in the Room pada 1983, hal tersebut membuat King terkesan. Hal ini yang mendasari dibuatnya film The Shawshank Redemption.

3. Gagal dalam box office

The Shawshank RedemptionThe Shawshank Redemption Foto: Dok. Ist

Walaupun mendapatkan 7 nominasi Oscar dan mendapatkan respon positif dari penonton dan kritikus, The Shawshank Redemption hanya mendapatkan 28 juta dolar. Film tersebut tidak mendapatkan banyak keuntungan karena biaya produksinya mencapai 25 juta dolar.

Melihat hal tersebut, The Shawshank Redemption memang gagal dalam box office. Film ini memang tayang pada waktu yang tidak tepat karena pada tahun yang sama, terdapat film yang lebih populer pada saat itu seperti Lion King, Pulp Fiction, hingga Forrest Gump.

4. Dirilis dengan judul berbeda di beberapa negara

The Shawshank Redemption memang dirilis di berbagai negara, dan film ini memiliki banyak judul berbeda di setiap negara. Hal ini membuat banyak orang mengira bahwa ini adalah film action.

Di Taiwan, film ini berjudul "1995: Fantastic". Kemudian di Hongaria film ini memiliki judul "A Remény Rabjai" yang artinya "The Prisoners of Hope" dan di Norwegia berjudul "Frihetens Regn" dengan arti "The Rain of Freedom".

Lalu di Denmark memiliki judul "En Verden Udenfor" yang artinya "A World Outside", kemudian di Israel berjudul "Homot Shel Tivka", artinya "Walls of Hope", dan di Meksiko film ini berjudul "Sueños de Fuga" yang artinya "Dreams of Escape".

5. Banyak aktor yang menolak menjadi pemeran utama

The Shawshank RedemptionThe Shawshank Redemption Foto: Dok. Ist

Pada awalnya, karakter utama, Andy Dufresne ditawarkan pada Tom Hanks, namun dia menolaknya karena jadwal syuting yang berbenturan dengan Forrest Gump. Lalu beberapa aktor lain yang menolak peran ini adalah Johnny Depp, Tom Cruise, Nicolas Cage, hingga Kevin Costner.

Khusus untuk Costner, dia mengaku sangat menyesal telah menolak tawaran tersebut di masa lalu setelah melihat betapa bagusnya film The Shawshank Redemption.

6. Berlokasi di sebuah penjara yang terbengkalai

Untuk pengambilan outdoor dalam film ini dilakukan di State Reformatory, Mansfield, Ohio. Tempat tersebut terbengkalai karena sudah lama tidak digunakan.

Penjara ini berada di kondisi yang sangat buruk sehingga harus melalui tahap renovasi sebelum melakukan proses syuting. Setelah film The Shawshank Redemption menjadi populer, tempat tersebut kini berubah menjadi museum.

7. Penduduk lokal menjadi pemeran ekstra

Dengan anggaran yang sangat minim, Darabont memutuskan mengajak penduduk lokal untuk menjadi pemeran tambahan agar film bertema penjara ini semakin nyata. Tidak semua dari mereka hadir dan beberapa dari mereka hanya muncul sesekali saja.

Untuk menambal hal tersebut, kru kemudian menemukan beberapa pemeran tambahan yang cukup meyakinkan di sebuah rumah singgah. Pasalnya, beberapa di antara mereka merupakan residivis asli.

Itulah fakta-fakta menarik dari film The Shawshank Redemption. Walaupun terdapat banyak hambatan pada masa produksi, namun film ini pada akhirnya mendpatkan respon positif dari banyak orang dan bahkan mendapatkan banyak nominasi dalam ajang Oscar.

Tidak salah jika banyak orang menyebut film ini menjadi salah satu film paling memorable bagi mereka.



Simak Video "Film Terbaik Oscar 2021 Jatuh Kepada Nomadland!"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)