Nowhere Boy: Saat John Lennon Masih Jadi Remaja Nakal

Ahsan Nurrijal - detikHot
Sabtu, 18 Sep 2021 08:24 WIB
Film Nowhere Boy
Nowhere Boy, kisah John Lennon kala remaja. Dok. Ist
Jakarta -

John Lennon merupakan legenda di dunia musik dengan band miliknya bernama The Beatles. Nowhere Boy garapan Sam Taylor-Johnson yang dirilis pada tahun 2008 ini mengisahkan fase penting dalam kehidupan John Lennon, mulai dari saat remaja, pembentukan band, hingga pertemuan dengan ibu kandungnya, Julia Lennon.

Berlatar di Liverpool era 1940-an, John Lennon muda (Aaron Taylor-Johnson) adalah seorang pemuda yang jahil, nakal, dan temperamen.

Dia sejak kecil tinggal bersama bibinya yang biasa dipanggil Mimi (Kristin Scott Thomas) dan pamannya, George (David Threlfall). Hal tersebut karena kedua orang tua John telah meninggalkannya sejak kecil.

Mimi merupakan seorang yang disiplin, sedangkan George orang yang fleksibel dan lebih dekat dengan John. Suatu hari, pamannya memberi John sebuah harmonika yang menjadi alat music pertama bagi John.

Hingga suatu ketika, pamannya tiba-tiba meninggal yang membuat hidup John berubah. Pasalnya, John telah menganggap pamannya tersebut sebagai ayah baginya. Di pemakaman George, akhirnya dia bertemu dengan ibunya, Julia Lennon (Anne-Marie Duff).

Melihat hal tersebut, Mimi tidak suka jika John dekat dengan Julia. Secara diam-diam, ternyata John sering bertemu dengan ibunya. Dia merasa cocok dengan ibunya karena merupakan seseorang yang bebas. Julia juga mengenalkan John pada musik Rock N' Roll dan alat music banjo.

Film Nowhere BoyFilm Nowhere Boy Foto: Dok. Ist

Terinspirasi Elvis Presley yang saat itu menjadi ikon Rock N' Roll, John mulai merubah gaya rambutnya menjadi seperti Elvis dan belajar aliran musik tersebut. Setelah yakin dengan bakatnya, John akhirnya memutuskan membentuk sebuah band.

Saat di sekolah, John merekrut teman-temannya secara paksa untuk bergabung dengan band buatannya. Padahal, teman-temannya tidak bisa memainkan alat musik tersebut. Pada akhirnya, terbentuklah The Quarrymen, band yang menjadi akar terbentuknya The Beatles.

The Quarrymen mendapat kesempatan tampil di sebuah karnaval. Band tersebut menarik perhatian banyak orang dan semuanya menikmati musik yang dibawakan The Quarrymen.

Mimi dan Julia turut hadir dalam acara tersebut. Serta ada satu bocah yang sangat antusias di acara tersebut yang akan menjadi anggota The Beatles, yaitu Paul McCartney (Thomas Brodie-Sangster).

Lantas, Bagaimana kelanjutan band The Quarrymen? Bagaimana kelanjutan hubungan antara John dan ibunya? Jika kamu penasaran, kamu dapat menonton Nowhere Boy dalam platform-platform streaming.

Film Nowhere BoyFilm Nowhere Boy Foto: Dok. Ist

Nowhere Boy mampu mengemas potret-potret kehidupan remaja dari John Lennon dengan begitu apik. Sosok John yang merupakan remaja nakal yang ambisius diperankan dengan sangat baik oleh Aaron Taylor-Johnson.

Chemistry ibu dan anak antara John dan Julia juga tergambarkan dengan apik. Bagaimana pertemuan yang haru bagi keduanya, hingga menikmati waktu luang bersama benar-benar terlihat hangat dalam film ini.

Apresiasi lebih patut didapatkan oleh sang sutradara, Sam Taylor-Johnson. Dia berhasil merekayasa ulang bagaimana panggung pertama The Quarrymen di Strawberry Fields serta adegan demi adegan yang memperlihatkan bagaimana jatuh bangunnya seorang John Lennon pada saat remaja.

Nowhere Boy merupakan salah satu film biografi yang sangat sayang untuk dilewatkan. Khususnya bagi kamu penggemar The Beatles. Lagu-lagu yang ada dalam film ini bisa membuat kamu nostalgia dan seakan melihat kembali jiwa muda The Beatles.



Simak Video "Viral! John Lennon Ubah Lirik 'Imagine' Jadi Bahasa Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)