Frank Whaley, Bintang Career Opportunities yang 'Dibunuh' Samuel L Jackson dan John Travolta

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Rabu, 15 Sep 2021 19:43 WIB
Actor Frank Whaley attend the About Adam screening at the Paris Theater in New York City. 03/20/2001. Photo: Evan Agostini / Getty Images
Frank Whaley, bintang Career Opportunities. Getty Images/Nick Elgar
Jakarta -

Ingat dengan film jadul tahun 1991 yang berjudul Career Opportunities? Salah satu film yang membuat nama Frank Whaley semakin dikenal dalam industri perfilman.

Pemilik nama lengkap Frank Joseph Whaley ini merupakan seorang aktor yang juga dikenal sebagai sutradara, penulis scenario, bahkan comedian Amerika. Pengalamannya yang dimulai dari debut pada film Ironweed tahun 1987 sebagai Francis Phelan itu menjadi jembatan dalam menajaki karirnya.

Pada tahun 1991, Ia pun berkesempatan untuk ikut memainkan peran bersama Marlon Brando dan Matthew Broderick dalam film The Freshman. Whaley berperan sebagai Steve Bushak yang merupakan teman sekamar Clark Kellogg (Matthew Broderick).

Tidak hanya itu, Whaley pun juga mendapat tawaran untuk bermain dalam film Career Opportunities di tahun yang sama. Film dengan alur cerita yang ringan itu, membuat Whaley bersanding dengan aktris cantik, Jennifer Connely.

Film yang mengisahkan kehidupan tokoh utama bernama Jim Dodge (Frank Whaley) ini memiliki kepribadian suka membual kepada siapa pun.

Penampilan Frank Whaley di film.Penampilan Frank Whaley dan Jennifer Connely di Career Opportunities. Foto: Dok. Ist

Ia bahkan sering dipecat dari beberapa pekerjaan sebelumnya karena bersikap ceroboh dalam melakukan pekerjaannya. Pada akhirnya, Ia berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai petugas kebersihan di salah satu supermarket kotanya.

Tanpa disangka, ternyata Ia harus bekerja semalaman dalam supermarket yang dikunci dari luar itu. Jim pun tidak ambil pusing dan menikmati aktivitas malamnya itu dalam supermarket.

Setelah beberapa waktu yang telah dilalui, Jim baru menyadari bahwa Ia tidak sendirian dalam supermarket. Melainkan juga terdapat gadis cantik bernama Josie McClellan (Jennifer Connelly) dan 2 penjahat lainnya yang terkurung bersamanya.

Pria kelahiran 20 Juli itu juga pernah memainkan sejumlah film seperti, Field of Dreams (1989), Swing Kids (1993), Swimming With Sharks (1994), dan Broken Arrow (1996). Pada tahun 1998 pun Ia memulai perannya dalam serial CBS, Buddy Faro, dan muncul dalam beberapa episode di The Dead Zone serta Law & Order.

Whaley memulai karirnya sebagai sutradara dengan menggarapan film Joe the King pada 1999. Karya film perdananya tersebut bahkan berhasil ditayankan pertama kali di Sundance Film Festival dan meraih Waldo Salt Screenwriting Award.

Penampilan Frank Whaley di film.Penampilan Frank Whaley di film Pulp Fiction. Foto: Dok. Ist

Frank Whaley juga dikenal lewat penampilan ikoniknya di Pulp Fiction (1994) di mana ia memerankan karakter Brett yang dibunuh oleh Samuel L Jackson dan John Travolta.

Sayangnya kariernya tak bertahan lama, perlahan ia pun mulai menghilang dan hanya mendapatkan peran-peran sampingan. Sebelumnya ia juga memilih untuk menjadi penulis serta sutradara, salah satu karyanya adalah Joe the King (1999) yang diperankan oleh Ethan Hawke dan Val Kilmer.



Simak Video "Atta Halilintar Tetap Ingin YouTuber Savas Fresh Dipenjara"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)