Udin Telekomsel, Kisah Pria yang SMS-an dengan Tuhan

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 06 Sep 2021 21:03 WIB
Film pendek Udin Telekomsel.
Film pendek Udin Telekomsel, kisah pria yang sms-an dengan Tuhan. Dok. Ist
Jakarta -

Pada 2015 sempat hadir sebuah film pendek karya anak bangsa yang cukup nyentrik, yakni Udin Telekomsel. Film bergenre komedi tersebut mengangkat kisah yang cukup unik, yakni bagaimana jadinya jika seseorang bisa bertukar pesan dengan Tuhan.

Digarap oleh Rein Mauchaelson bersama Pacific Film, Udin Telekomsel sukses hingga di kancah internasional, seperti Honorable Mention Awards di Viddsee Juree Awards 2016.

Film berdurasi 15 menit itu dimulai dengan adegan sebuah ular dan ponsel Nokia di sebuah hutan, setelahnya gambar pun beralih ke adegan perbincangan dua orang pria di tengah malam tentang Tuhan yang disebutnya dekat namun jauh.

Perbincangan itu pun mengarah pada sosok Udin, warga kampung yang mengaku bisa dan kerap bertukar pesan singkat (SMS) dengan Tuhan.

Udin yang tinggal di bawah menara sutet menjadi sosok yang terkenal di kalangan warga setelah disebut-sebut bisa SMS-an dengan Tuhan. Ia bahkan kerap diminta warga untuk menyampaikan keinginan mereka.

Pria paruh baya tersebut awalnya dianggap gila oleh orangtuanya karena hal tersebut, namun Udin berhasil membuktikan jika ia memang benar-benar mendapatkan pesan dari Tuhan.

Film pendek Udin Telekomsel.Film pendek Udin Telekomsel. Foto: Dok. Ist

Seperti saat ibunya memasak nasi terlalu banyak dan Udin telah menasehatinya tentang hal tersebut.

"Sms in Tuhan minta sepeda buat ke pasar soalnya kan jauh," minta sang ibu.

Tak lama kemudian sebuah sepeda pun ada di depan pintu rumahnya dan desa pun menjadi geger.

Salah satu yang meminta bantuan Udin adalah Tejo, seorang preman pasar yang pernah ditembak polisi, meminta untuk bisa masuk surga. Untuk tiap permintaan itu pun ada ritual aneh yang harus mereka lakukan, seperti Tejo yang harus menaiki bukit kelinci dengan mengenakan pakaian dalam saja.

Film komedi tersebut seperti sebuah kritik sosial di mana hingga saat ini masih saja banyak hal unik berbau mistis yang dipercayai oleh masyarakat. Seperti kemunculan beberapa tokoh-tokoh dengan kemampuan supranatural yang pernah heboh di Indonesia yakni Ponari dengan batunya yang bisa menyembuhkan semua penyakit hingga Dimas Kanjeng yang mengaku bisa menggandakan uang.

Film pendek Udin Telekomsel.Film pendek Udin Telekomsel. Foto: Dok. Ist


Simak Video "Lihat Kesuksesan Korsel, Makassar Dorong Sineas Lokal untuk Berkarya"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)