Pad Man: Dituding Pria Mesum demi Ciptakan Pembalut

Ahsan Nurrijal - detikHot
Kamis, 02 Sep 2021 08:06 WIB
Film Pad Man.
Pad Man, kisah pria penemu pembalut. Dok. Ist
Jakarta -

Pad Man merupakan film yang terinspirasi dari kehidupan aktivis asal India, Arunachalam Muruganantham. Film arahan sutradara R. Balki ini melibatkan aktor besar seperti Akshay Kumar, Radhika Apte, hingga Sonam Kapoor.

Kisah berawal ketika pria bernama Lakshmi (Akshay Kumar) seorang tukang las yang baru menikah dengan Gayatri (Radhika Apte) hidup sederhana di sebuah pedesaan India. Suatu hari, Gayatri mengalami menstruasi dan menggunakan kain kotor sebagai pembalut.

Pada saat itu, menstruasi merupakan hal yang tabu. Saat datang bulan, wanita harus tidur di luar seolah habis melakukan dosa. Lakshmi sebagai suami yang sangat cinta dengan istrinya mencoba membeli pembalut yang harganya sangat mahal. Membeli pembalut pun seperti sebuah aib dan harus bertransaksi diam-diam seperti membeli ganja.

Film Pad Man.Film Pad Man. Foto: Dok. Ist

Oleh karena itu, Lakshmi berinisiatif membuat pembalut sendiri yang ekonomis. Dengan keterbatasan pendidikan yang dimiliki, selain harus bereksperimen dengan pembalut miliknya, dia juga harus melawan stigma masyarakat yang menganggapnya sebagai pria mesum.

Lakshmi butuh wanita untuk lawan diskusi sekaligus membantunya menguji coba pembalut buatannya. Namun naas hal tersebut malah membuatnya tidak dianggap lagi oleh keluarganya sendiri, bahkan harus terusir dari desanya.

Ketika pergi ke suatu kota, Lakshmi bertemu dengan Pari (Sonam Kapoor), seorang musisi sekaligus anak dari seorang profesor. Melihat kegigihan dari Lakshmi, Pari serta ayahnya bersedia membantu percobaannya mengenai pembalut tersebut.

Lantas, mampukah Lakshmi membuat pembalut yang higienis serta ekonomis bagi kaum wanita? Dapatkah dia kembali kepada istri tercintanya dan diterima kembali di desanya? Jika kamu penasaran, kamu bisa menonton lengkap film Pad Man pada platform-platform streaming.

Pad Man merupakan film yang sangat mengedukasi. Film ini banyak memperlihatkan bagaimana adat budaya terkadang dapat mempersempit pola pikir masyarakat. Bahkan kesehatan yang merupakan hal penting, kerap terabaikan karena dibutakan adat kepercayaan zaman dahulu.

Film Pad Man.Film Pad Man. Foto: Dok. Ist

Karakter Lakshmi dalam film ini memang digambarkan penuh kebaikan, namun dia tetap bukan orang yang sempurna. Dia tetap manusia biasa yang hatinya dapat tergoda, terlalu terobsesi akan sesuatu, dan sadar jika dia tidak mampu menciptakan keajaiban seorang diri, Lakshmi butuh bantuan yang lain agar keinginannya terwujud.

Apa yang membuat Pad Man begitu spesial tidak lain adalah motivasi dari sang tokoh utama. Lakshmi sadar sebelumnya telah mempermalukan Gayatri. Alhasil, dia bertekad mengubah rasa malu tersebut menjadi kehormatan.

Diluar tema inspiratif serta perjuangan yang tergambarkan dalam film, Pad Man sejatinya adalah film tentang cinta. Perjuangan Lakshmi selama ini didasari oleh cintanya pada Gayatri. Semakin sempurna ending dalam film ini karena menekankan kesetiaan dalam hubungan Lakshmi dan Gayatri.



Simak Video "Pembalut Kok Buat Mabuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)