Deretan Film Shah Rukh Khan Paling Laris

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 05 Agu 2021 20:41 WIB
potret shah rukh khan
Rekomendasi film terlaris Shah Rukh Khan. Dok. Ist
Jakarta -

Hampir 40 tahun Shah Rukh Khan berkarier di industri film. Aktor berusia 55 tahun itu pun turut memberikan andil besar bagi perkembangan Bollywood.

Tak heran Shah Rukh Khan dijuluki King of Bollywood oleh media dan para fansnya di seluruh negara. Hingga saat ini ia pun tercatat sudah membintangi lebih dari 80 judul film dan prestasi secara internasional.

Popularitasnya dikenal dari Asia hingga ke Amerika Serikat. Banyak film-filmnya yang turut ditayangkan secara global.

Berikut detikcom rangkum deretan film-film yang dibintangi Shah Rukh Khan yang berhasil menjadi box office dan laris manis di pasaran.

1. Karaan Arjun - Rp 286 Miliar

Film Shah Rukh KhanFilm Karaan Arjun. Foto: Dok. Ist

Karaan Arjun adalah film yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Salman Khan yang dirilis pada 13 Januari 1995. Film ini digarap oleh sutradara Rakesh Roshan serta penulis naskah Sachin Bhowmick, Ravi Kapoor, dan Anwar Khan.

Film tersebut bercerita tentang dua saudara yakni Karaan (Salman Khan) dan Arjun (Shah Rukh Khan) yang kehilangan harta warisannya karena kecurangan kerabat dari sang ayah.

Mereka bahkan kehilangan nyawa dan seolah bereinkarnasi kembali dalam keluarga berbeda dengan nama Ajay dan Vijay.

Film tersebut berhasil meraup keuntungan besar pada zamannya dengan jumlah pendapatan sebesar USD 20 juta atau senilai Rp 286 miliar.

2. Dilwale Dulhania Le Jayenge - Rp 468 Miliar

Film Shah Rukh KhanFilm Dilwale Dulhania Le Jayenge. Foto: Dok. Ist

Kesuksesan Shah Rukh Khan sebagai seorang aktor sudah tercium sejak penampilannya sebagai Raj Malhotra dalam film Dilwale Dulhania Le Jayenge.

Film tersebut tayang pada 20 Oktober 1995 dan disutradarai oleh Aditya Chopra. Mengambil adegan di beberapa negara seperti Inggris dan Swiss, film drama romantis itu berhasil meraup sukses besar bahkan menjadi salah satu film paling laris sepanjang masa di India.

Dilansir dari berbagai sumber, film itu menghasilkan hingga USD 32,7 juta atau senilai Rp 468 miliar hanya dari pemutaran di India saja.

3. Kuch Kuch Hota Hai - Rp 214 Miliar

Film Shah Rukh KhanFilm Kuch Kuch Hota Hai. Foto: Dok. Ist

Film Kuch Kuch Hota Hai (KKHH) menjadi salah satu yang mengubah wajah sinema India atau Bollywood di mata dunia. Tak heran sebab sang sutradara, Karan Johar, ingin memberikan standar baru di industri tersebut.

Berkisah tentang cinta segitiga antara Rahul Khanna (Shah Rukh Khan), Anjali Sharma (Kajol) dan Tina (Rani Mukerji) yang berada dalam satu kampus, film tersebut juga berhasil mengaduk-aduk emosi para penontonnya.

Tayang pada 16 Oktober 1998, KKHH berhasil menjadi film paling laris di tahun tersebut dengan raihan USD 14 juta atau senilai Rp 214 miliar.

4. Mohabbatein - Rp 186 Miliar

Film Shah Rukh KhanFilm Mohabbatein. Foto: Dok. Ist

Film Mohabbatein menjadi salah satu film dengan budget termahal yang pernah dibuat di Bollywood. Bertabur bintang seperti Amitabh Bachchan, Aishwarya Rai dan Shah Rukh Khan, film itu dilaporkan memakan biaya produksi hingga USD 1,4 juta.

Dirilis pada 27 Oktober 2000 film tersebut berkisah tentang kehidupan Raj (Shah Rukh Khan) yang merupakan siswa/dosen dari sebuah kampus yang dipimpin oleh rektor bernama Narayan (Amitabh Bachchan). Ia pun terpaksa diusir dari kampus karena menjalin kasih dengan putrinya yakni Megha (Aishwarya Rai).

Namun kisah cinta mereka tak berjalan mulus setelah Megha memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Raj pun kembali ke sana untuk mengubah aturan di kampusnya itu.

Film tersebut berhasil meraup untung hingga USD 13 juta atau senilai Rp 186 miliar dan dinobatkan sebagai film terlaris pada tahun itu.

5. Kabhi Kushi Kabhie Gham - Rp 415 Miliar

Film Shah Rukh KhanFilm Kabhi Kushi Kabhie Gham. Foto: Dok. Ist

Film Kabhi Khushi Kabhie Gham ini dirilis perdana pada Desember 2001 dan disutradarai oleh Karan Johar. Film berdurasi 210 menit ini juga merupakan drama keluarga yang bercerita tentang kasih sayang orangtua kepada anaknya.

Yashvardhan "Yash" Raichand (Amitabh Bachan) adalah taipan bisnis miliarder yang tinggal di Delhi bersama istrinya Nandini (Jaya Bachchan), serta dua putranya, Rahul (Shah Rukh Khan) dan Rohan (Hrithik Roshan). Rumah tangga Raichand sangat patriarkis dan secara ketat mengikuti tradisi.

Rahul yang merupakan anak angkat itu pun diusir dari rumah usai memilih hidup bersama kekasihnya, Anjali Sharma (Kajol).

Film tersebut sempat menjadi film India paling laris di luar negeri dengan meraih pendapatan sebesar USD 29 juta atau senilai Rp 415 miliar sebelum akhirnya dipecahkan kembali rekornya pada 2006.

6. Chennai Express - Rp 1,03 Triliun

Film Shah Rukh KhanFilm Chennai Express. Foto: Dok. Ist

Chennai Express, film Bollywood yang disutradarai oleh Rohit Shetty rilis pada Agustus 2013. Film itu berkisah tentang seorang pria bernama Rahul Mithaiwala (Shah Rukh Khan) si penjual manisan yang masih jomblo di usianya yang sudah berkepala empat karena tak pernah memiliki kesempatan untuk dekat dengan wanita. Alasannya karena selalu diganggu oleh kakeknya.

Setelah kakeknya meninggal di usia yang ke-99 tahun, Rahul ditugaskan oleh neneknya untuk menabur abu kakeknya di Gangga dan Rameshwaram. Namun, Rahul berniat ingin membohongi neneknnya karena ingin pergi ke Goa berlibur bersama teman-temannya.

Film tersebut berhasil mengalahkan rekor yang dipegang oleh 3 Idiots sebagai film paling India paling laris dengan jumlah pendapatan mencapai USD 75 juta atau senilai Rp 1,03 triliun.



Simak Video "Pesona Priyanka Chopra yang Diisukan Jadi Selingkuhan Shah Rukh Khan"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/aay)