Festival Film Iran Digelar, Tayangkan Karya Pemenang Oscar

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 05 Mei 2021 15:04 WIB
A Separation
A Separation, film Iran pemenang Oscar 2011 / Foto: (dok.ist)
Jakarta -

Hadir festival film Iran yang akan menayangkan film-film terbaik asal Iran di bulan Mei ini. Ada sekitar 25 film Iran yang akan ditayangkan.

Festival film Iran atau Iranian Film Festival digelar oleh layanan streaming Klik Film yang berlangsung mulai 5 Mei hingga 20 Mei 2021 secara daring. Film-film Iran yang dihadirkan di antaranya yaitu film karya sutradara ternama Iran Majid Majidi, berjudul Sun Children. Selain itu, ada juga film A Separation, yang sukses mendapatkan piala Oscar untuk kategori film berbahasa asing, pada tahun 2011 lalu.

A Separation disutradarai oleh Asghar Farhadi yang kisahnya berpusat pada pasangan kelas menengah Iran yang berpisah.

Putri mereka menderita atas perpisahan kedua orang tuanya tersebut hingga muncul konflik usai sang suami menyewa pengasuh untuk ayahnya yang sudah lanjut usia.

Selain Oscar, film tersebut juga menuai kemenangan di beberapa ajang seperti Festival Film Berlin hingga kemenangan pada aktornya.

Selain menghadirkan film-film terbaik Iran, Iranian Film Festival juga akan menghadirkan talkshow secara live dengan narasumber Majid Majidi dan Riri Riza sebagai moderator, di pembukaan event ini, pada tanggal 5 Mei 2021. Tema-tema talkshow lainnya yang dihadirkan dalam event ini adalah, Uncovering Iran & Oscar yang menghadirkan narasumber Rako Prijanto, Mouly Surya, Ismail Basbeth, Salman Aristo, dan dipandu oleh Daniel Dokter. Tema A Discovery Of Iran & Spritualism yang menghadirkan narasumber Garin Nugroho, Rayya Makarim, Haydar Bagir dengan moderator Alim Sudio.

Tema Unmaskin Iran & Horor/Thriller dengan narasumber Ifa Ifansyah, Hikmat Darmawan, Anggy Umbara, dengan moderator Ekky Imanjaya. Tema lainnya adalah Beneath The Layers : Iran & Woman/Children, yang menghadirkan narasumber Christine Hakim, Sha Ine Febriyanti, Happy Salma, dengan moderator Shandy Gasella.

Iranian Film Festival juga akan menghadirkan sharing dengan pelaku dunia film Indonesia. Penonton akan dapat mengambil pelajaran dari sharing yang diberikan oleh Cut Mini, Indro Warkop, dan Sutradara film Dilan dan Buya Hamka, Fajar Bustomi.

Selama ini, Iran dikenal sebagai negara konservatif. Kebebasan termasuk dalam membuat film dibatasi. Festival ini mengapresiasi karya-karya dari sineas negara tersebut.



Simak Video "Buntut Lonjakan Kasus Covid-19, Iran Lockdown Selama Sepekan!"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)