Chloe Zhao Lakukan Ini di Rumah usai Garap Nomadland

Devy Octafiani - detikHot
Senin, 26 Apr 2021 14:26 WIB
Chloe Zhao, nominated for best director for Nomadland, arrives at the Oscars on April 25, 2021, at Union Station in Los Angeles. (Photo by Chris Pizzello / POOL / AFP)
Chloe Zao menang Sutradara Terbaik Oscar 2021 / Foto: AFP/CHRIS PIZZELLO
Jakarta -

Tak jarang kisah dalam sebuah film mengilhami seseorang. Hal yang sama juga dialami oleh Chloe Zhao.

Sutradara pemenang Oscar ini mengungkapkan, belajar dari film yang ia sutradarai. Kisah tentang kaum nomaden di Amerika serta kesedihan seorang wanita usai ditinggal sang suami itu mengambil sebuah pelajaran. Apa itu?

Berkaca dari kaum nomaden yang bepergian ke banyak tempat dan hanya membawa barang-barang yang benar-benar mereka perlukan, Zhao mengatakan dirinya belajar untuk tak memiliki banyak barang.

"Film ini mengubah banyak orang. Salah satunya adalah aku, aku jadi mengurangi barang yang kumiliki usai menggarap film ini," ungkapnya dalam jumpa pers virtual Oscar Backstage yang dihadiri detikcom.

Tahun ini menjadi tahun penting bagi Zhao. Ia kembali didapuk sebagai sutradara terbaik lewat film tersebut. Katanya, ia tak hanya merasa beruntung namun juga bangga menjadi seorang perempuan.

"Rasanya beruntung sekali menjadi perempuan di tahun ini. Aku juga merasa terberkati karena aku dapat melakukan pekerjaan yang memang aku sukai," tuturnya.

Chloe Zhao menjadi sutradara perempuan kedua yang diganjar Oscar. Yang pertama ada Katheryn Bigelow yang memenangkan Oscar di nominasi yang sama pada 2010.

Kala itu Katheryn Bigelow memenangkan piala lewat film besutannya, Hurtlocker. Ditanya apakah ia akan memberi tahu pencapaiannya sebagai sutradara perempuan yang juga berhasil meraih Oscar, Chloe Zhao tak menutup kemungkinan.

"Ya aku punya grup sama Katheryn Bigelow, ingin juga mengabarkan tentang kemenangan ini dengannya," ungkap Zhao.

Nomadland masuk dalam 6 nominasi Oscar tahun ini. Film ini berhasil membawa pulang 3 piala di nominasi Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Aktris Terbaik yang dimenangkan oleh Frances McDormand.

Acara Oscar tahun ini digelar langsung di Dolby Theater dan Union State Hollywood. Gelarannya disiarkan langsung di streaming Disney+Hotstar.



Simak Video "Frances McDormand Sabet Piala Aktris Terbaik Oscar 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)