Penulis Oshin Meninggal Dunia

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Rabu, 07 Apr 2021 09:23 WIB
Oshin
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Sugako Hashida, penulis skenario di balik drama Jepang legendaris, Oshin, meninggal dunia. Sugako Hashida meninggal dunia di usia 95 tahun.

Ia mengembuskan napas terakhir pada Minggu (4/4) lalu setelah melawan limfoma. Ia meninggal di kediamannya di Atami, Shizuoka.

Sepanjang kariernya, Sugako Hashida telah meraih banyak prestasi. Salah satunya setelah menerima Order of Culture pada 2020 dari pemerintah Jepang atas kontribusi dan pencapaiannya di bidang budaya.

Walaupun begitu, Sugako Hashida juga sempat memicu kontroversi saat menerbitkan buku pada 2017. Dalam buku tersebut, ia mengungkap keinginan untuk meninggal dunia dengan euthanasia, yaitu mengakhiri hidup seseorang secara sengaja untuk menghilangkan penderitaan. Prosedur tersebut menimbulkan pro-kontra di berbagai negara, termasuk Jepang yang tidak melegalkan.

Sementara itu, drama Oshin yang legendaris ditayangkan pada 1983. Berkisah tentang seorang perempuan yang lahir di desa miskin dan menjadi pebisnis supermarket yang sukses.

Perjuangan Oshin yang gigih di zaman peralihan Meiji ke Showa memberi inspirasi bagi para penontonnya. Serial tersebut terdiri dari 297 episode dengan durasi masing-masing 15 menit.

Oshin tayang di berbagai negara, termasuk Indonesia dan meraih kepopuleran di zamannya. Bahkan drama tersebut dianggap sebagai salah satu drama televisi Jepang terbaik dengan rating kala itu mencapai 62,9 persen.

Oshin merupakan drama seri TV yang ditayangkan pagi hari, atau asadora, yang pertama kali diproduksi dan ditulis oleh perempuan di Jepang.

Selain Oshin, sebelumnya Sugako Hashida juga telah menulis naskah untuk sejumlah drama TV di Jepang. Di antaranya Ai to Shi o Mitsumete pada 1973 yang kemudian diikuti dengan kesuksesan sejumlah drama lainnya seperti Tonari no Shibafu (1976), Fufu (1979), Michi (1980), hingga Onnatachi no Chuushingura (1981).



Simak Video "Aksi Voice Of Baceprot di Prancis dan Hijab yang Curi Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/nu2)